foto detik.com

foto detik.com

Tulungagung, LiputanIslam.com – Seorang anak buruh petani Indonesia ternyata mampu memproduksi parasut yang kualitasnya dipuji beberapa tentara dari negara asing. Bahkan tentara Australia menyebutnya setara dengan kualitas parasut yang digunakan oleh NATO. Ia adalah Yafet Paiman yang mendirikan sebuah CV bernama Maju Mapan yang memproduksi beberapa perlengkapan kemiliteran salah satunya parasut yang sudah banyak digunakan oleh TNI AD, TNI AU, Kemensos, Basarnas, BNPB dan PMI.

Beberapa testimoni para penerjun payung terutama para prajurit TNI lebih memilih parasut buatan dalam negeri alias dari Tulungagung. Mereka menilai bahwa kualitas parasut dalam negeri tidak kalah dibandingkan dengan kualitas parasut luar negeri seperti dilansir dari detik.com

Parasut yang diproduksi oleh Paiman adalah parasut berjenis parabolik yang masih menggunakan bahan dari Korea Selatan dan diberi nama yang sangat nasionalis yakni Garuda 1-P. Parasut tersebut menurut Paiman mampu digunakan berulang-ulang lebih dari 100 kali dan bahkan bisa tahan hingga 16.5 tahun dengan kemampuan menahan beban seberat 136 kg.

Kiprah Paiman ternyata sampai mengundang beberapa tentara kerajaan Malaysia. Satuan Militer dari Malaysia pun memesan 7.000 tenda dari Tulungagung. Karena kualitasnya sudah teruji mereka pun kembali memesan 7.000 tenda lagi. Tak sampai disitu, Paiman bahkan ditawari untuk membuka pabrik di Malaysia. Namun Paiman menolaknya. Ia ingin melihat perkembangannya terlebih dahulu.

Selain Malaysia beberapa negara sahabat yang juga memesan parasut buatan Tulungagung adalah Timor Leste dan Papua Nugini.

Selain parasut untuk penerjun, Paiman juga memiliki parasut untuk menurunkan barang dari pesawat terbang. Parasut tersebut memiliki kekuatan untuk menahan beban hingga 200 kg.

Selain Parasut dan Tenda, Paiman juga memiliki produk lain seperti Shelter untuk helikopter, kelengkapan seragam militer seperti ikat pinggang, sarung pistol, dan sebagainya.

“Omset rata-rata Rp 100 milyar. ‎Waktu HUT TNI di Surabaya itu semua pakai dari sini produknya. Sempat diumumkan itu produk Tulungagung,” tutup Paiman bangga. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL