Foto: Prof Michael MJ Fischer/PSnews.com

Foto: Prof Michael MJ Fischer/PSnews.com

LiputanIslam.com – Prof Michael MJ Fischer yang merupakan pakar Anthropology dan Science dunia dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) Boston Amerika Serikat langsung tertarik pada penampilan Tim Sumbawagen Universitas Teknologi Sumbawa pada kompetisi dunia International Genetically Engineered Machine (iGEM) di Hynes Convention Center, Boston, Amerika Serikat (2/11).

Seperti diberitakan oleh pulausumbawanews.com, Fischer menyampaikan pujiannya kepada Cindy (Ketua Tim UTS Sumbawa) usai melihat penampilan para mahasiwa Indonesia ini melakukan presentasi tentang Project Econey dihadapan sejumlah dewan juri dan para peserta dari berbagai perguruan tinggi di dunia.

Fischer sangat tertarik pada Project Econey yang dipresentasikan oleh Cindy dan kawan-kawannya dari UTS Sumbawa. Proyek tersebut adalah alat sensor yang diciptakan oleh tim FTB UTS untuk mengetahui kadar gula (glukosa) dalam madu Sumbawa hasil rekayasa genetika. Fischer kagum karena proyek para mahasiswa Sumbawa tersebut sangat aplikatif dan bisa digunakan masyarakat secara langsung.

Fischer cukup kaget karena Sumbawa merupakan daerah yang sangat jauh dan berada di pelosok namun memiliki Universitas terkemuka. Terlebih lagi prestasinya tidak main-main dan bisa berkompetisi langsung di Amerika mewakili Indonesia. “Ini sangat luar biasa dan saya salut dengan anak-anak yang masih sangat muda ini, tapi mampu berprestasi,” kata Profesor Michael.

Tim Sumbawagen melakukan penelitian yang berdasarkan pada masalah masyarakat Sumbawa khususnya para petani madu. Para petani madu tersebut merasa kesulitan dalam mendeteksi kadar gula dalam madu Sumbawa. Terlebih lagi jika ingin membuktikan keaslian madu Sumbawa ditengah maraknya aksi pemalsuan madu Sumbawa.

Diharapkan dengan hasil rekayasa genetik bakteri E-coli, para petani madu Sumbawa dapat langsung mendeteksi kadar gula madu Sumbawa tanpa harus melakukan pengujian di laboratorium yang memakan waktu dan biaya. Bahkan sensor tersebut rencananya akan disematkan pada handphone.

Peranan UTS Sumbawa ditengah masyarakat untuk mencari solusi permasalahan warga ternyata membuahkan prestasi yang sangat membanggakan bangsa Indonesia. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL