Sumber: suaramuhammadiyah.id

Bologna, Liputanislam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan bahwa agama pada dasarnya mengajarkan manusia untuk saling berinteraksi dengan baik, hidup dalam toleransi, dan bekerja sama menuju perdamaian, kemakmuran, kemajuan dan kebahagiaan bersama. Agama mengajarkan manusia hidup berdampingan di alam semesta ini.

Hal itu disampaikan Haedar pada saat menyampaikan makalah berjudul “Bridges of Peaces, Religions and Cultures in Dialogue,” pada Konferensi Internasional ‘Bridges of Peaces, Religions and Cultures in Dialogue’ yang diselenggarakan oleh Community of San’tEgidio Archdiocese of Bologna, seperti dilansir suaramuhammadiyah.id, pada Rabu (17/10).

“Dengan semangat hidup bersama dengan tulus dan damai, serta dengan etika kolektif yang tinggi, seseorang dapat mengamankan bumi yang terbebani dan menjadikannya tempat yang nyaman bagi semua orang,” ucapnya.

Menurutnya, dalam perspektif Islam, agama tidak hanya mengajarkan bagaimana seseorang membangun hubungan yang dekat dengan Tuhan, yakni melalui ritual dan ibadah, tetapi juga mengajarkan bagaimana membangun hubungan yang baik dengan orang lain untuk membangun peradaban maju. Bahkan Islam juga mengajarkan bagaimana menghormati hewan dan tumbuhan.

“Selain itu, Islam mengajarkan cinta kepada makhluk lain, termasuk tumbuhan, hewan, serta lingkungan tempat mereka tinggal bersama dalam suatu ekosistem. Manusia seharusnya tidak membuat kerusakan, misalnya dengan membunuh, mengeksploitasi sumber daya alam, dan melakukan bahaya apa pun terhadap kehidupan masyarakat,” terangnya.

“Demikian juga, setiap kepentingan politik atau ekonomi dan kontrol atas sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup orang-orang, harus mempertimbangkan keberlangsungan hidup semua manusia di bumi. Manusia tidak harus berjuang untuk mendominasi, mengeksploitasi, dan menyalahgunakan satu sama lain,” tambah Haedar. (ar/suaramuhammadiyah).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*