kh-said-aqilJakarta, LiputanIslam.com — Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulam (PBNU) Prof. Dr. KH Said Aqil Siradj menyatakan kesanggupannya untuk ‘memasarkan’ Islam Nusantara di level internasional.

“Kita mempunyai Islam Nusantara, Islam khas Indonesia, dengan paham Ahlussunnah wal Jama’ah, yang mengutamakan toleransi, menegaskan Islam rahmatan lil ‘alamin, dengan ideologi tawazun, tawasut, tasamuh dan i’tidal, siap memberi solusi dan wajah Islam kepada dunia,” ucapnya.

“Kita siap mempelopori gerakan Islam kultural dan kekuatan masyarakat sipil, dengan memadukan ilmu agama tradisional dengan ilmu pengetahuan modern, untuk menuju baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. PBNU siap menginternasionalisasikan Islam Nusantara,” terangnya dalam sambutan acara Harlah NU ke-89 di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya Jakarta, Sabtu malam, 31 Januari 2015, seperti dikutip dari NU Online.

Dalam harlah yang dibarengi dengan launching Muktamar NU ke-33 tersebut, hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa Menteri Kabinet Kerja yaang merupakan kader NU, yakni Lukman Hakim Saefuddin, M Natsir, Khofifah Indar Parawansa, Marwan Ja’far, Imam Nahrawi, dan M Hanif Dzakiri.

Islam Rahmatan Lil ‘Alamin

Kyai Said mengungkapkan bahwa ia merasa sedih akibat ulah berbagai oknum yang mencoreng citra Islam. Di berbagai negara, ditemukan kelompok-kelompok radikal yang mengklaim sebagai representasi Islam.

Baru-baru ini, kelompok teroris transnasional Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) melakukan eksekusi biadab, dengan membakar hidup-hidup pilot Yordania. Lalu media-media pro-ISIS tanah air, memberikan berbagai macam dalil yang membenarkan tindakan keji tersebut. Karena itulah, menurut Kyai Said, wajah Islam yang penuh kasih harus dihidupkan kembali.

“Kita harus membumikan Islam rahmatan lil ‘alamin dengan menawarkannya kepada dunia, yakni dengan meneguhkan nilai kemanusiaan dengan memanusiakan manusia,” tegasnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL