Sumber: netralnews.com

Taipei, LiputanIslam.com– Ribuan warga Nadhaltul Ulama (NU) di Taiwan menghadiri gelaran acara Tabligh Akbar di pusat kota Taipei Main Station, Taiwan, pada Minggu (15/10). Selain Jemaah nahdliyin (warga NU), pada acara itu hadir juga Rais ‘Aam PBNU KH Ma’ruf Amin dan Katib Syuriyah PBNU Asrorun Niam Sholeh.

Katib Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Asrorun Niam Sholeh menyampaikan akan pentingnya semangat persaudaraan yang dikembangan oleh NU di tengah tantangan kehidupan yang semakin kompleks sekarang ini. Ikatan persaudaraan itu meliputi, ukhuwwah nahdliyyah (persaudaraan sesama NU), ukhuwwah islamiyyah (sesama umat Islam),  ukhuwwah wathaniyyah (sebangsa), dan ukhuwwah basyariyah (persaudaraan sesama manusia).

“Ribuan orang berkumpul di sini, bisa jadi sebelumnya tidak saling kenal. Tapi ikatan ke-NUan bisa menyatukan kita. Ini harus dipupuk. Kehadiran Mr Yasin, sebagai orang asli Taiwan, ketua komunitas Muslim Taiwan yang minoritas, tiada lain sebagai wujud ukhuwwah Islamiyyah,” ujarnya.

Kiai Asrorun Niam juga mengingatkan semuanya agar tidak membesar-besarkan perbedaan yang dapat menimbulkan konflik. “Kita bekerja dengan perusahaan Taiwan secara sinergis dengan NU Taiwan, ini tiada lain karena ajaran ukhuwwah basyariyah. Karenanya, perbesar titik persamaan untuk membangun persaudaraan. Jangan konfrontasi dan terus ribut dengan mencari-cari dan membesarkan perbedaan yang tidak perlu,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak para warga nahdliyin untuk memperingati Hari Santri pada 22 Oktober mendatang dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. “Penetapan Hari Santri oleh pemerintah sejak 2015 merupakan wujud pengakuan formal negara akan kontribusi nyata santri dalam perjuangan merealisasikan dan mempertahankan NKRI dari penjajahan melalui Resolusi Jihad. Untuk itu, malam 22 Oktober nanti seluruh WNI di Taiwan ini saya minta untuk memperingati Hari Santri, salah satunya dengan pembacaan shalawat nariyah,” ungkap Kiai Asrorun. (Ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL