Sumber: nu.or.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin menyatakan mendukung langkah pemerintah membubarkan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menurutnya, HTI merupakan ormas yang menganut paham anti-Pancasila. Oleh karena itu, Kiai Ma’ruf menilai langkah pemerintah tersebut sudah tepat.

“Pembubaran HTI itu memang proses yang sudah ditempuh. Pemerintah punya hak mengatakan tidak sesuai dengan Pancasila untuk HTI. MUI akan mendukung langkah-langkah pemerintah,” ujar Kiai Ma’ruf di Gedung DPR Senayan, Jakarta, pada Rabu (19/7).

Kiai Ma’ruf mengungkapkan, berdasarkan kajian yang dilakukan MUI menunjukkan bahwa HTI pernah mendeklarasikan diri sebagai ormas anti-Pancasila. Fakta itu, tambahnya, diperoleh dari sejumlah sumber yang dimintai keterangan oleh MUI beberapa waktu lalu sebelum terbitnya Perppu Ormas.

Ia mengaku, bahkan pihaknya memiliki bukti otentik yang membenarkan HTI sebagai ormas anti-Pancasila. “Menurut berbagai informasi seperti itu (HTI anti-Pancasila). Kami sudah melakukan penelitian mendalam. Kami mendapat informasi memang seperti itu,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Kiai Ma’ruf juga mengatakan, jika HTI berkeberatan dengan  pembubaran tersebut, maka dapat mengambil langkah hukum di pengadilan. “Pemerintah kan sudah punya kesimpulan dan sekarang sudah mengeksekusi. Tinggal apakah HTI merasa menerima atau tidak, kalau tidak, ada hak untuk ke pengadilan,” ucapnya. (Ar/Jawapos/CNN).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL