Sumber: suaramuhammadiyah.id

Mataram, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir didampingi bendahara PP Muhammadiyah Marpuji Ali melakukan pertemuan silaturahim dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Wathan (PBNW) TGB Muhammad Zainul Majdi. Pertemuan yang  membahas tentang dinamika kebangsaan dan keumatan itu, berlansung di Pendopo Gubernur NTB, seperti dilansir Suara Muhammadiyah, pada Selasa (2/5).

Haedar Nashir menyampaikan, bahwa silaturrahmi ini dalam rangka mengajak dan mengingatkan kembali pada komitmen kebangsaan. Ia juga mengakui, kondisi dalam enam bulan terakhir tidak dipungkiri membawa situasi yang kurang nyaman serta membuang banyak energi. Menurut Haedar, sebaiknya potensi yang sangat besar itu digunakan untuk membangun bangsa dan umat.

“Energi umat yang sangat besar yang dibuktikan dalam beberapa aksi beberapa waktu lalu, hendaknya bisa mengarah kepada hal-hal yang nyata bisa mendukung kemajuan Indonesia. Kekuatan energi yang besar itu salah satunya bisa bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi dan aspek pemberdayaan umat,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga persatuan umat dan berkonstribusi nyata untuk bangsa. “Muhammadiyah seperti halnya NU dan NW, juga sudah menetapkan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Dar al-Ahdi Wa al-Syahadah, yakni tempat untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan umat dan bangsa,” ungkapnya.

Sementara, Ketum PBNW TGB Muhammad Zainul Majdi menyampaikan, bahwa pimpinan Muhammadiyah dan Nahdlatul Wathan sepakat untuk menyuarakan ajaran Islam yang moderat dan menampilkan wajah rahmatan lil alamin.

Gubernur NTB tersebut menambahkan, bahwa Wajah Islam itu sebagaimana diajarkan serta dikembangkan oleh organisasi-organisasi seperti Muhammadiyah, NU, NW, Persis selama ini, bahkan sejak Indonesia belum merdeka. “Yakni, pandangan Islam yang moderat yang mengedepankan aspek persuasif serta mengajak kepada kebaikan bersama,” tuturnya. (Ar/Suara Muhammadiyah/Kabar NTB).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL