Jakarta, Lipgadget-dampakutanIslam.com – Jika anda memiliki kebiasaan membaca berita atau sekedar bersosial media sebelum tidur, tampaknya perlu memperhatikan hasil penelitian yang dilakukan oleh sekelompok dokter dari Harvard Medical Shcool. Mereka menilai bahwa kebiasaan memelototi gadget sebelum tidur adalah kebiasaan buruk.

Komputer tablet atau gadget yang memancarkan cahaya ternyata menghambat kita untuk lebih cepat terlelap, dan tentunya berdampak pada kualitas tidur kita. Akibatnya pemilik gadget dengan kebiasaan buruk tersebut akan bangun dengan fisik yang kurang bugar di pagi harinya karena kualitas tidur yang buruk, seperti dilansir dari bisnis.com.

Berbeda dengan tablet atau gadget lainnya seperti E-reader yang menggunakan teknologi e-paper seperti dalam Kindle tidak memancarkan cahaya seperti tablet atau gadget. Sehingga pengaruh buruknya lebih sedikit.

Gadget yang mengeluarkan cahaya biru dari layarnya dapat menganggu jam biologis manusia. Cahaya biru tersebut menganggu produksi hormon tidur, melatonin. Begitu juga salah satu alasannya mengapa lampu ruang tidur utama harus dimatikan saat beranjak tidur.

Sebagai hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof Charles Czeisle terhadap 12 responden menunjukkan bahwa produksi hormon melatoninnya menurun setelah kebiasaan membaca buku konvensional diganti dengan komputer tablet. Penelitian tersebut dilakukan selama sepuluh hari dengan membaginya dalam dua sesi. Sesi pertama, lima hari, para responden membaca buku konvensional dan sesi kedua membaca dengan menggunakan komputer tablet. Pada sesi kedua inilah terjadi penurunan hormon melatonin.

Dari hasil observasi juga menunjukkan bahwa para responden perlu waktu lebih lama untuk tidur. Ditambah lagi masa tidur pulasnya lebih singkat dan keletihan yang masih tersisa ketika bangun pagi yang menyebabkan pagi harinya kurang bugar.

Hasil penelitian tersebut dipublikasikan pada jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL