Sumber: gerbangnews.com

Probolinggo, Liputanislam.com– Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI), Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa pesantren telah berkontribusi besar dalam pembangunan bangsa. Bahkan peran pesantren sudah dimulai sejak masa penjajahan. Hal itu disampaikan Mensos saat menghadiri haul para masyayikh keluarga Genggong di Pondok Pesantren Baitus Sholihin Probolinggo, Jawa Timur, pada Sabtu (15/9).

“Saya menilai pesantren selalu konsekuen memegang teguh nasionalisme dan berkontribusi dalam pembangunan nasional,” ucapnya.

Menurut Agus, pesantren mengajarkan banyak hal mulai dari ilmu agama, gotong royong dan akhlak. Hal tersebut merupakan bekal bagi santri saat terjun ke masyarakat, sehingga santri mudah diterima di manapun berada. Selain itu, pesantren juga mengajarkan nasionalisme. “Kita juga tahu bahwa kemerdekaaan Indonesia juga tidak lepas dari peran pesantren,” ungkapnya.

Sementara sebagai bentuk dukungan pemerintah, lanjut dia, pihaknya telah menyiapkan sejumlah program guna meningkatkan perekonomian pondok pesantren, seperti penyaluran bantuan modal usaha dan pendampingan santri enterpreneur.

“Kami mempunyai dana untuk membina dan mencetak pengusaha-pengusaha baru dari kalangan pesantren. Jadi silahkan pesantren membuat konsep usaha, nanti kita kasih pendampingan dan modal tanpa bunga,” tambah Agus. (ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*