Sumber: nu.or.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan akan membubarkan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang anti Pancasila. Ia mengaku, saat ini sedang merancang mekanisme untuk membubarkan ormas-ormas yang bertentangan dengan ideologi Negara Indonesia tersebut.

“Kita akan tegas, melarang dan membubarkan ormas, apa pun tamengnya, yang bertentangan dengan Pancasila,” ujar Menko Polhukam saat menjadi narasumber dalam acara Seminar Pemikiran Hadratus Syaikh Hasyim Asyari dengan tema Keislaman dan Keindonesiaan: Aktualisasi Pemikiran dan Perjuangan Hadratussyekh Hasyim Asy’ari di Gedung Nusantara V MPR RI Jakarta, seperti dilansir NU Online, pada Minggu (7/5).

Menurut Menko polhukam, sejauh ini pemerintah telah melakukan beberapa kali rapat menyiapkan langkah strategis untuk membubarkan ormas-ormas yang terbukti bertentangan dengan dasar Negara Pancasila. Ia juga mengaku telah mendeteksi keberadaan ormas-ormas tersebut.

“Kita sudah tiga kali rapat terbatas. Tunggu tanggal mainnya. Mana nyata-nyata betul-betul bertentangan dengan Pancasila, bahkan keberadaannya tidak mengambil bagian dari satu proses pembangunan di Indonesia, ya harus bubar,” tegasnya.

Menko Polhukam Wiranto menambahkan, bahwa ormas apapun tidak boleh bertentangan dengan ideologi Pancasila sebagai ideologi negara yang telah disepakati bersama oleh para pendiri bangsa ini.  Semua ormas juga dituntut untuk tidak mengganggu ketentraman masyarakat Indonesia. “Kalau keberadaannya merancukan ideologi negara yang sudah kita sepakati, tentunya tidak layak hidup di Indonesia,” ujarnya. (Ar/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL