Sumber: sumbarsatu.com

Kota Pariaman, LiputanIslam.com– Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), Lukman Hakim Saifuddin membuka secara resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat provinsi Sumatera Barat di Kota Pariaman. Menurut Menag Lukman, kegiatan MTQ ini merupakan salah satu bentuk upaya mencintai kitab suci Al-Qur’an.

“MTQ tersebut juga bentuk upaya mencintai kitab suci Alquran sekaligus sebagai pengantar spirit dan menggali nilai-nilai kitab suci umat Muslim,” ucap Menag pada Pembukaan MTQ di Kota Pariaman, Sumatera Barat, seperti dilansir republika.co.id, pada Minggu (5/11).

Menurut Lukman, di dalam Al-Qur’an terdapat petujuk Tuhan untuk kehidupan manusia. Oleh karena itu harus terus dipelajari dan digali. “Alquran, berisikan pokok-pokok ajaran tuhan yang berlaku secara universal yang perlu terus digali, didalami dan disebarluaskan pada sendi-sendi kehidupan” ungkapnya.

Menag Lukman juga menyinggung kecenderungan perilaku masyarakat yang saat ini menilai sesuatu yang sakral dianggap biasa-biasa saja. Sebagai contoh masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu dengan telepon pintar, dibandingkan membaca Alquran setelah shalat.

“Dahulu masyarakat selepas shalat Maghrib selalu menyempatkan waktu untuk mengaji, namun kini lebih banyak menghabiskan waktu dengan telepon pintar sebagai media rekreasi tidak terbatas,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat di seluruh Tanah Air agar kembali membudayakan membaca Alquran serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di Kitab Suci tersebut. (Ar/Republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL