Sumber: nu.or.id

Makkah, LiputanIslam.com– Menteri Agama Republik Indonesia (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menghadiri acara halaqah warga Nahdlatul Ulama (NU) sedunia di Makkah yang digelar oleh Pengurus Cabang Istimewa NU Arab Saudi. Menag berharap NU selalu berperan aktif memberikan kontribusi pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia, peran NU sangat diperlukan untuk ikut menata peradaban dunia.

“NU sebagai jam’iyah diniyyah islamiyyah dikenal paling besar komitmennya terhadap eksistensi NKRI karena ajaran yang dianutnya selama ini,” ujar Menag Lukman di Hotel Arkan Bakkah Mahbas, Makkah, Arab Saudi, seperti dilansir NU Online, pada Selasa (29/8).

Menag menyampaikan, dalam keadaan dunia sekarang ini, ajaran pendahulu NU sangat relevan sebagai pondasi dalam membangun peradaban bangsa. “Nilai yang selama ini diajarkan pendahulu kita semakin relevan. Ajaran tasammuh, tawasuth, tawazun, dan i’tidal semakin dibutuhkan,” terangnya.

Oleh karena itu, ia mengajak warga NU untuk terus aktif menebarkan Islam dengan kearifan. Menurut Lukman, dalam menebarkan nilai-nilai NU, Nahdliyyin jangan ikut tergoda melakukan tindakan yang justru bertolak belakang dengan nilai itu sendiri.

“Menyebarkan ajaran Islam Nusantara tidak perlu dengan cara menyalah-nyalahkan paham atau ajaran lain yang berbeda dengan kita. Tebarkan ajaran itu sesuai nilai NU itu sendiri,” ucap Lukman.

Pada kesempatan itu, hadir juga tokoh-tokoh NU seperti KH Maemoen Zubair, KH Shalahuddin Wahid, dan KH Agoes Ali Masyhuri. “Ini sesuatu yang penting agar di tengah musim haji, warga NU bisa berkumpul dan bersilaturahim sambil mendoakan bangsa Indonesia senantiasa terjaga keutuhannya sebagai bangsa di tengah kemajemukan,” tutur Menag Lukman (Ar/NU Online/Kumparan).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL