Sumber.riau.kemenag.go.id

Tanjung Pandan, Liputanislam.com– Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), Lukman Hakim Saifudin secara resmi membuka kegiatan Perkemahan Rohani Islam (Rohis) siswa SMA/SMK Tingkat Nasional yang ke-3 tahun 2018 di bumi perkemahan Desa Juru Seberang, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Menurut Menag, kegiatan ini sebagai wadah silaturahim dan bertukar pengalaman antar siswa.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah silahturahim dan bertukar informasi terkait kegiatan dan program rohis di sekolah masing-masing. Seperti keterampilan dan pengetahuan sehingga wawasan mereka berkembang,” ucapnya di Tanjung Pandan, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung (Kep.Babel), pada Selasa (6/11).

Menag Lukman menyampaikan tiga pesan untuk aktivis kerohanian Islam (Rohis). Pertama, agar para siswa memperluas dan memperdalam wawasan pengetahuan. Tidak hanya keislaman tetapi di semua aspek kehidupan. Hal ini penting guna mempunyai pandangan luas dan agar hati juga luas.

“an-Nasu a’dau ma jahilu yakni manusia memiliki kecenderungan memusuhi segala yang dia tidak pernah ketahui sebelumnya. Mari miliki cara pandang luas agar senantiasa kedepankan hal positif dan tidak terjebak pesimisme,” katanya.

Kedua, siswa hendaknya  memahami Islam secara esensial subtansial pada inti ajaran pokok. Ajaran Islam pada hakikatnya adalah memanusiakan manusia. Ini sesuai dengan akar kata Islam yang berasal dari salam bermakna kedamaian, inilah esensi Islam.

Sementara pesan yang ketiga adalah agar para aktivis Rohis menebar manfaat bagi masyarakat, lingkungan, bangsa dan negara. Persiapkan diri dengan mengasah integritas dan membekali kompetensi. Kedua hal ini adalah kunci menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

Menurutnya, generasi Islam milenial sekarang ini adalah generasi Z yang selalu digoda segala bentuk informasi, termasuk informasi sampah bahkan hoax. Untuk itu mereka harus meningkatkan kecerdasan dalam berpikir dan beragama. “Maka dari itu tebarkan kedamaian di manapun kapanpun dan kepada siapapun,” ucap Menag. (ar/republika).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*