marwan jafarJakarta, LiputanIslam.com – Kabar gembira untuk Anda yang tertarik untuk bertransmigrasi. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) akan memberikan biaya hidup Rp 3,5 juta perbulan untuk masyarakat yang ikut program tersebut. Kementerian PDTT menyalurkan biaya hidup selama 18 bulan, sesuai dengan anggaran yang tersedia untuk program tersebut sekitar Rp 1,3 triliun hingga Rp 1,5 triliun pada tahun anggaran 2015.

Saat ini, salah satu masalah yang dihadapi pemerintah Indonesia adalah tidak meratanya jumlah penduduk yang menghuni suatu wilayah. Di Pulau Jawa, terutama di kota-kota besar, penduduknya begitu padat, sementara di daerah Kalimantan, dan Sulawesi hanya dihuni oleh sedikit penduduk.

Karenanya, pemerintah mencanangkan program transmigrasi, yaitu memindahkan penduduk dari suatu daerah yang padat penduduk (kota) ke daerah lain (desa) di dalam wilayah Indonesia. Transmigrasi bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan dan penyediaan papan, mendukung kebijakan energi alternatif (bio-fuel), mendukung pemerataan investasi ke seluruh wilayah Indonesia, mendukung ketahanan nasional pulau terluar dan wilayah perbatasan, dan sebagai penyelesaian masalah pengangguran dan kemiskinan.

Menteri PDTT Marwan Ja’far menjelaskan, pemerintah tak akan asal menempatkan masyarakat disuatu daerah. Salah satu daerah yang dinilai layak adalah daerah yang memiliki potensi laut yang masih baik sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya sebagai mata pencaharian.

Selain dapat gaji Rp 3,5 juta per bulan, Marwan juga berencana akan memberikan lahan tanah untuk para transmigran. Diharapkan hingga 5 tahun mendatang, ada sekitar 4 juta orang yang akan mengikuti program tersebut.

“Saya yakin program transmigrasi bisa memberikan sumbangsih nyata dalam upaya menurunkan angka kemiskinan yang ditargetkan Pemerintah. Karena melalui program transmigrasi bisa diputus sumber penyebab terjadinya kemiskinan yang membuat keluarga miskin sulit lepas dari jeratan kemiskinan” ungkap Marwan.

“Kita ingin bangun secara kreatif jadi daerah yang tumbuhkan desa mandiri baru. Karena sudah terbukti ada 13 ribu hasil dari transmigrasi, 140 kabupaten hasil transmigrasi, dua provinsi hasil transmigrasi, yaitu Kalimantan Utara dan Sulewesi Barat,” tutupnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL