Sumber: klikwarta.com

Kota Bengkulu, LiputanIslam.com– Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah, M.MA mengimbau kepada masyarakat untuk tidak abai dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban bagi setiap anak bangsa untuk menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. Rohidin mengaku, untuk wilayah Bengkulu saat ini dalam keadaan kondusif dari paham-paham anti-Pancasila. Walaupun begitu, ia tetap meminta masyarakat untuk terus menguatkan pemahaman ideologi negara Pancasila.

“Sampai saat ini tidak ada yang dikhawatirkan, akan tetapi kita tidak boleh abai. Jadi nilai-nilai luhur Pancasila tetap harus ditanamkan,” ucap Rohidin dalam Acara Dialog Kebangsaan dengan tema “Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” yang digelar Keluarga Besar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu, di Kota Bengkulu, pada Kamis (3/8).

Rohidin menjelaskan, penanaman nilai-nilai Pancasila sejatinya bisa dilakukan oleh setiap warga negara melalui berbagai aspek. Ia mencontohkan, insan media atau jurnalis yang menanamkan nilai setiap butir yang terkandung dalam Pancasila melalui tulisan ataupun karya jurnalistik yang mendidik.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan agar sesama antar anak bangsa untuk selalu saling menghormati dan menghargai. “Kita sebagai bangsa Indonesia mengakui dan percaya Tuhan, meski berbeda keyakinan kita saling menghormati dan toleransi. Sila pertama ini menjadi induk sila-sila berikutnya, hingga Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang menjadi cita-cita kita bersama,” tuturnya.

Sementara, dalam Acara Dialog Kebangsaan itu, hadir juga Anggota komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Anarulira Muchtar. Muchtar mengaku, dirinya siap melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan dalam berbagai forum tanah di air. “Kita siap lakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan dalam forum apapun, untuk mahasiswa ataupun masyarakat umum,” ujarnya. (Ar/Nusantara Terkini).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL