smk

Jakarta, LiputanIslam.com – Siswa SMK telah membuktikan mampu menghasilkan karya yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa karya anak SMK yang cukup membuat orang terkesima diantaranya adalah proyek perakitan mobil SMK, Mobil Listrik SMK, Konverter Kit Gas untuk Sepeda motor hingga mengubah energi pedal sepeda menjadi sumber listrik untuk melakukan isi ulang baterai smartphone. Semuanya membuktikan bahwa siswa SMK memang siap kerja dan mampu berinovasi.

Ketertarikan negeri jiran terhadap lulusan SMK diungkapkan oleh Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mustaghfirin Amin, mengatakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) banyak diincar oleh perusahaan Malaysia.

“Beberapa waktu lalu, ada perusahaan Malaysia yang datang ke Jakarta hanya untuk mencari lulusan SMK,” ujar lelaki yang akrab disapa Mus itu di Jakarta, Selasa, seperti dilansir dari antaranews.com.

Hal tersebut, lanjut Mus, lulusan SMK diakui kemampuannya oleh perusahaan-perusahaan di luar negeri. Bahkan beberapa sekolah di Tanah Air mempunyai kerja sama dengan perusahaan di luar negeri.

Ke depan, pihaknya akan melakukan revitalisasi SMK. Banyak di antara lulusan yang tidak dibutuhkan, tapi diminati oleh masyarakat. Sedangkan lulusan yang dibutuhkan justru berkurang.

“Kami akan menyesuaikan dengan potensi daerah.”

Jika potensi daerah tidak dioptimalkan maka lulusan SMK banyak yang mencari pekerjaan di daerah lain ataupun luar negeri.

“Lapangan pekerjaan harus diciptakan di daerah masing-masing. Supaya ada pemerataan kesejahteraan. Ini juga berkorelasi dengan penyediaan tenaga siap pakai dari SMK,” jelas dia.

Pembangunan SMK sesuai potensi daerahn, sudah dilakukan sejak beberapa tahun belakangan.

“Tahun ini akan lebih baik lagi,” tukas dia.

Revitalisasi tersebut dengan penambahan guru sesuai kebutuhan daerah. Penyediaan bahan dan materi pelatihan SMK serta sertifikasi lulusan SMK. (fie/antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL