Sumber: nu.or.id

Bekasi, LiputanIslam.com– Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) Kota Bekasi, Adi Prastyo mengungkapkan kepritinannya terhadap malam tahun baru yang biasanya cenderung diisi dengan hura-hura, pesta dan senang-senang. Banyak anak muda yang berkumpul, menghiasi jalanan dan berakibat kemacetan. Padahal menurutnya, masih ada hal positif yang bisa dilakukan, salah satunya adalah zikir bersama.

“Mestinya dilakukan dengan kegiatan yang positif. Karena berdzikir dapat menjadi renungan untuk diri kita. Berdoa bersama supaya lebih baik lagi,” ungkap Adi di Kota Bekasi, Jawa Barat, seperti dilansir NU Online, pada Sabtu (30/12).

Adi menjelaskan bahwa PCNU Kota Bekasi memiliki program tahunan yakni dzikir dan maulid bersama pada malam pergantian tahun. Hal tersebut sangat baik untuk mengajak masyarakat agar tidak melakukan hal buruk. Dalam hal ini, bukan berarti PCNU merayakan pergantian tahun. Hanya saja, warga diberi pilihan baru, yakni agar tidak melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat.

“Karenanya (dzikir dan maulid di malam pergantian tahun), mengintruksikan kepada seluruh pengurus PC IPNU Kota Bekasi, PAC se-Kota Bekasi, hingga pengurus komisariat untuk sama-sama hadir dalam kegiatan yang akan diselenggarakan oleh PCNU itu,” ucapnya.

Sementara Ketua PC Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Kota Bekasi, Yuni Febriani menyatakan, masyarakat Indonesia memiliki dua kalender. Pertama, kalender Hijriyah yang didasarkan pada perputaran bulan untuk menentukan tata peribadatan. Kedua, kalender Masehi yang berakar dari tradisi barat dan untuk menentukan berbagi aktivitas tata pemerintahan.

“Karena itu, di Indonesia ada dua kali peringatan tahun baru. Pertama 1 Muharram. Kedua, 1 Januari. Keduanya merupakan hari libur nasional. Namun, sayang. Masyarakat menyikapi dua peringatan itu dengan cara yang sangat jauh berbeda. Dengan begitu, menjadi tugas para ulama, tokoh masyarakat, dan pemangku kebijakan untuk menjadikan perayaan malam tahun baru agar berlangsung secara positif,” ungkapnya. (Ar/NU Online).

 

 

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL