Pushla/dailysocial.net

Pushla/dailysocial.net

Jakarta, LiputanIslam.com – Pengembangan aplikasi pada ponsel pintar terus mengalami trend positif. Aplikasi tersebut banyak ragamnya, mulai dari game sederhana hingga aplikasi yang membantu orang untuk mempermudah melakukan hal yang berhubungan dengan orang lain. Salah satunya adalah dengan memberikan donasi tanpa harus melakukan transfer atau datang ke tempat pengumpulan donasi.

Begitu pula yang telah dilakukan tim mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) Fakultas Ilmu komputer UI yang menciptakan aplikasi “Pushla” yang membantu pengguna ponsel untuk memberikan donasi kepada orang lain atau lembaga bantuan lain, yang diambil dari pulsa pengguna ponsel.

Rafi Putra salah satu penggagas mengaharapkan dengan adanya aplikasi yang diciptakan bersama timnya, mendorong banyak orang untuk melakukan donasi untuk kegiatan sosial dan penting.

Rafi tercetus untuk menciptakan aplikasi Pushla karena beranjak dari pengalamannya selama magang di salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang aktif menyalurkan donasi bagi kegiatan sosial.

Rafi mengamati selama bergabung bersama LSM, banyak orang yang ingin berdonasi tapi merasa kesulitan dengan sistem registrasi yang ditetapkan situs penggalang dana atau merasa sulit untuk harus ke ATM. Bahkan jumlah minimal donasi membuat beberapa orang menjadi ciut untuk melakukan donasi.

Melihat permasalahan tersebut, Rafi bersama timnya kemudian mencari solusi dengan menggunakan aplikasi Pushla sehingga orang tidak perlu lagi mencari ATM, tidak pusing lagi dan berpikir ulang untuk berdonasi dengan nominal yang besar dan memudahkan serta praktis karena bisa langsung dilakukan melalui pemotongan pulsa ponsel.

Pilihan nominal donasi cukup terjangkau mulai dari Rp. 2.000. Bahkan dalam aplikasi tersebut ditampilkan proyek sosial yang sedang berjalan, target donasi, donasi yang telah terkumpul hingga batas waktu donasi yang ditetapkan.

Hebatnya lagi aplikasi Pushla telah memenangkan juara pada ajang kompetisi Aplikasi Smartphone Tingkat Internasional Hackathon yang diselenggarakan oleh Startup Asia Singapore 2014 kategori Intel Challenge seperti dilansir dari Antara. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL