FMIPA UGM for Jawa Pos

Tim FMIPA UGM bersama CEO Apple Tim Cook (tengah) di kompleks Apple Inc, Amerika Serikat/FMIPA UGM for Jawa Pos

California, LiputanIslam.com – Inovasi dalam perkembangan teknologi dunia mampu di ikuti oleh mahasiswa Indonesia. Salah satunya adalah inovasi yang dilakukan oleh enam mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogjakarta, yang berhasil menyabet gelar Best Public Safety App dalam kompetisi IT di California, Amerika Serikat.

Ke enam mahasiswa brilian tersebut adalah Oscar yang berperan sebagai project manager, didampingi Zamahsyari (programer), Bahrunur (programer), Sabrina Woro A. (designer), Fansyuri Jenar (copywriter), serta Maulana Rizki A. (data analyst). Peraih Indonesian Youth Leaders dari UNFPA (United Nations Population Fund) tersebut tampil ”sempurna” sehingga memukau dewan juri yang terdiri atas para pakar teknologi, seperti diberitakan oleh Jawapos.com.

Saat itu Oscar cs menampilkan aplikasi Realive untuk menangani bencana secara real time. Mereka dinyatakan menjadi pemenang Best Public Safety App, salah satu di antara empat kategori yang dilombakan. Hebatnya lago kompetisi itu tidak hanya diikuti para mahasiswa dari penjuru dunia, tapi juga praktisi. Mereka harus bersaing dengan para profesional berpengalaman yang sudah lebih dulu terjun dalam dunia IT.

Meskipun sempat merasakan minder melihat kompetitor, akhirnya mereka mampu membuktikan dengan berstatus mahasiswa, ciptaan mereka tak kalah dengan yang telah dihasilkan para profesional.

Oscar menceritakan bahwa aplikasi karya timnya itu merupakan pengembangan dari aplikasi yang sempat dia ciptakan sebelumnya. Yakni, aplikasi Quick Disaster. ”Dengan aplikasi yang menggunakan perangkat Google Glass, para pemakai akan dipandu untuk menyelamatkan diri ketika terjadi bencana hanya dengan mengucapkan kata okay glass,” kata dia. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*