ISFIT.org

ISFIT.org

Yogyakarta, LiputanIslam.com – Tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yakni Cornellius Yudha Wijaya, Barata Teddy Irwanto, dan Jatmiko Wirawan Wiranto mengikuti International Student Festival in Trondheim 2015 di Norwegia.

“International Student Festival in Trondheim (ISFIT) adalah festival biannual yang diadakan oleh persatuan mahasiswa internasional yang berada di Norwegia dengan melibatkan seluruh warga Kota Trondheim,” kata Cornellius Yudha Wijaya di Yogyakarta, seperti diberitakan AntaraNews.com.

Menurut dia, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan itu merupakan mahasiswa baik mahasiswa strata satu (S-1), strata dua (S-2) maupun strata tiga (S-3) yang berasal dari 100 negara di dunia.

“Setiap tahun festival itu mengusung tema yang berbeda-beda. Untuk tahun 2015, ISFIT mengambil tema corruption,” katanya.

Namun, kata dia, tema tersebut dibagi-bagi menjadi berbagai macam subtema sesuai dengan kemampuan dan minat yang dimiliki oleh peserta.

Ia mengatakan dirinya mengambil subtema “nature”, Barata mengambil subtema “development”, dan Jatmiko dengan subtema “case”. Setiap lokakarya memiliki kegiatan yang berbeda-beda tergantung dari subtemanya.

“Setiap kelompok isunya lebih spesifik seperti subtema nature. Fokusnya terkait dengan alam serta bagaimanakah korupsi mempengaruhi alam sehingga dicari solusi yang bisa diberikan oleh mahasiswa terhadap dunia,” katanya.

Menurut dia, beberapa pembicara internasional yang hadir dalam kegiatan tersebut dan membahas mengenai korupsi antara lain Peter Eigen dari Transparency International, Jonathan Saphiro dari World Bank, dan Sony Kapoor dari International Think Tank Re-Define. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*