pic telkomuniversity

pic telkomuniversity

Jakarta, LiputanIslam.com – Inovasi mahasiswa Indonesia kini benar-benar harus memiliki manfaat langsung pada masyarakat. Salah satu inovasi tersebut adalah aplikasi yang diciptakan dua mahasiswa Telkom University yang menciptakan aplikasi untuk memantau harga komoditas pokok di Indonesia.

Aplikasi tersebut tercipta saat dua mahasiswa Telkom University mengikuti kompetisi Hackathon Merdeka pada 22-23 Agustus 2015.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh komunitas #Code4Nation dan difasilitasi oleh Kantor Staf Presiden ini bertujuan untuk mengajak para developer membuat aplikasi pemantau harga komoditas penting di Indonesia seperti beras, daging dan gula.

Dalam ajang ini, dua orang mahasiswa prodi MBTI Telkom University mendapatkan posisi tiga terbaik untuk aplikasi pemantau harga komoditas mengalahkan ratusan developer lainnya. Raden Johannes Heryo Priambodo atau yang akrab disapa Rio bekerja sama dengan Farid Naufal Aslam (Farid) membentuk tim untuk kompetisi ini, seperti diberitakan oleh telkomuniversity.ac.id.

Kedua mahasiswa yang juga aktif dalam UKM CCI (Central Computer Improvement) itu membuat aplikasi bernama Primoditi yang merupakan singkatan dari “primer komoditi”. Aplikasi ini dibangun dengan tujuan untuk membantu koperasi memanage inventori dan transaksi.

Dalam waktu 24 jam Rio dan Farid ditantang untuk membuat aplikasi tersebut. Beberapa hambatan dan tantangan sempat mereka alami, namun tidak membuat mereka menyerah.

“Waktu singkat, koneksi internet yang lambat dan persiapan minim karena kita kira awalnya cuma ngoding bareng. Tapi kita tetap berusaha memberikan yang terbaik.” ujar Rio dan Farid saat diwawancara.

Namun setelah melewati jam-jam yang menguras pikiran, dua mahasiswa prodi MBTI ini akhirnya menyabet gelar juara dalam ajang tersebut. Suatu prestasi yang membanggakan. Selamat untuk Rio dan Farid, semoga bisa terus memberikan sumbangsih untuk bangsa dan almamater! (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL