fighting-robots-300x219Surabaya, LiputanIslam.com-Dua mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Andy Yuniawan dan Eko Mustofa,  menjadi juara dalam kompetisi robotika bergerak dalam “World Skills ASEAN” di Kuala Lumpur, Malaysia, 24-26 September 2016.

“Kami bersyukur dapat meraih emas dalam World Skills ASEAN 2016 dan kami ingin menembus kejuaraan khusus mahasiswa kejuruan itu untuk tingkat dunia tahun depan,” kata Andy.

“Sebelumnya, kami tidak pernah ikut kompetisi robot, karena itu kami bangga dan bersyukur karena baru pertama ikut langsung mendapat emas. Untuk itu, pengalaman di tingkat ASEAN akan menjadi evaluasi untuk maju ke tingkat dunia,” tambah Eko.

Sementara itu, Wakil Direktur III PENS (Bidang Kemahasiswaan) Dr Ing Indra Adji Sulistijono mengaku mahasiswanya yang meraih emas dalam kompetisi itu karena mendapatkan poin tertinggi dalam lomba selama tiga hari yang setiap harinya ada tiga permainan.

“World Skills ASEAN 2016 itu melombakan 25 jenis lomba dan Indonesia mengikuti 22 jenis lomba. Untuk kategori robotika bergerak, robotnya bergerak dengan diperintah untuk menyelesaikan persoalan yang mirip dengan persoalan dunia,” katanya.

Persoalan yang dilombakan dalam kompetisi tingkat ASEAN itu antara mengambil, meletakkan, dan memasang ke tempat lain dengan kecepatan yang terukur dan tingkat presisi yang tinggi. (ra/antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL