Aishah Prastowo/BBC

Aishah Prastowo/BBC

Yogyakarta, LiputanIslam.com – Banyak sudah peneliti yang berkiprah di luar negeri, namun masih ada beberapa yang kembali ingin membangun negeri meskipun karyanya kurang dihargai. Namun, mereka yang kembali percaya bahwa suatu saat penelitian dan ilmu pengetahuan di Indonesia akan semakin maju jika semua bekerja sama, kembali ke Indonesia, dan memajukan dunia penelitian Indonesia bersama-sama.

Salah satu yang percaya akan hal itu adalah Aishah Prastowo (24), seorang mahasiswi asal Yogyakarta yang kini tengah menempuh pendidikan doktoral di Fakultas Ilmu Teknik Universitas Oxford, Inggris, untuk penelitian tentang mikrofluida.

“(Ini adalah) teknologi untuk mentransfer dan memproses fluida atau cairan dengan volume yang sangat kecil,” katanya kepada wartawan BBC Indonesia, Endang Nurdin.
“Teknologi ini sebenarnya sudah berkembang dan diaplikasikan ke banyak penelitian biologi, kimia, bioteknologi namun pengoperasiannya dan alat yang digunakan sangat rumit,” jelasnya, seperti diberitakan BBC.

Mahasiswi yang pernah menempuh jurusan teknik fisika di Universitas Gadjah Mada ini mengatakan bahwa penelitiannya sangat cocok di aplikasikan di Indonesia.

“Misalnya untuk membuat alat diagnostik penyakit secara murah dan dapat dilakukan di pelosok yang kurang terjangkau oleh alat laboratorium yang kompleks.”

Aishah sebelumnya pernah mengambil S2 di Université Paris Descartes, Prancis jurusan pendekatan interdisipliner untuk ilmu terapan.

Pengalaman Aishah dalam penelitian termasuk mewakili kampus di Paris untuk tim iGEM (International Genetically Engineered Machine), kompetisi internasional bidang biologi sintetik di MIT, Amerika Serikat.

Berdasarkan pengalaman ini, Aishah mengatakan ia dapat menjalin jaringan dengan tim penelitian dari UI, ITB dan UGM.

“Untuk memajukan penelitian di Indonesia memang sulit jika dilakukan sendirian, tapi bisa kita lakukan bersama-sama misalnya diawali dengan jejaring seperti ini,” kata Aishah. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*