Sumber: nu.or.id

Surabaya, LiputanIslam.com– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Periode 2009-2014 sekaligus anggota Dewan Pers, Mohammad Nuh mengimbau masyarakat agar cermat dalam memilih dan memilah informasi. Sebab, sekarang ini banyak sekali berita bohong atau hoaks yang tersebar dalam portal berita dan media sosial (medsos).

Hal itu disampaikan M Nuh pada acara sarasehan Peringatan Hari Pers yang mengangkat tema “Membangun Pencitraan Institusi Melalui Pers di Era Revolusi Industri 4.0” di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Jawa Timur (Jatim) pada Kamis (7/2).

“Sejatinya informasi itu netral adanya, hanya saja di tangan orang yang tidak bertanggungjawab diolah sedemikian rupa dan disalahgunakan sehingga menjadi hoaks,” ucapnya.

Sementara Rektor Unusa, Achmad Jazidie mengatakan bahwa kemajuan teknologi saat ini membawa dampak positif dan negatif dalam kehidupan, tidak terkecuali dengan informasi. Masyarakat makin mudah dalam mendapatkan informasi, tapi dituntut untuk cerdas dalam memahaminya, apakah itu berita hoaks atau bukan.

“Karena itu dibutuhkan wawasan dan pengetahuan dalam memahami sebuah informasi yang ada, sehingga tidak terjebak dan tidak mengonsumsi informasi hoaks,” ujarnya. (aw/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*