arfian-and-dtech-team

studentpreneur.co

Salatiga, LiputanIslam.com – Dunia desain Indonesia goncang karena dua lulusan SMK berhasil memenangi kontes desain tingkat dunia yang mampu mengalahkan para profesional dari universitas terkenal dunia. Kehebatan dua lulusan SMK asal Indonesia ini kini menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya untuk menekuni dunia desain.

Arfian dan adiknya berhasil memenangi kompetisi Global 3D Printing Desaing Quest yang diselenggarakan oleh General Electric, perusahaan multi nasional asal Amerika Serikat, seperti dilansir dari studentpreneur.co (6/2).

Keduanya berhasil mendesain Jet Engine Bracket. Berkat kemenangannya tersebut kini Arfian mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang jasa Engineering dan Pengembangan Produk bernama Dtech-Engineering. Perusahannya tersebut membantu kliennya untuk mewujudkan sebuah produk hingga analisa pasar dan kompetitor. Mereka juga handal dalam pembuatan prototype jadi.

Beberapa produk yang pernah di garap perusahaan mereka adalah barang-barang seperti casing iPhone, gantungan kunci, merchandise, desain pesawat ultralight, chassis mobil, antena kapal besar dan masih banyak proyek lainnya yang telah dikerjakan mereka berdua bersama timnya.

Uniknya modal mereka membuka jasa Engineering dan Pengembangan Produk terbilang nekat namun penuh dengan perhitungan. Mereka lebih menargetkan bagaimana caranya untuk dikenal terlebih dahulu di dunia internasional baru setelah itu menggarap pasar lokal. Strategi tersebut ternyata cukup ampuh diterapkan di Indonesia.

Meskipun beberapa kali gagal, namun kegagalan tersebut tidak membuat mereka menyerah. Pengalaman berkompetisi di kancah internasional memberikan mereka banyak pengalaman hingga akhirnya kesabaran mereka dalam menggali dan belajar membuahkan hasil yang sepadang hingga menjadi jawara dunia yang mengalahkan para profesional yang lebih berpendidikan tinggi.

Pada mulanya mereka pun harus mencari klien. Meskipun sulit namun tetap dilakukan. Barulah setelah nama mereka bergaung di kancah Internasional, kini posisinya terbalik. Para klien-lah yang mengejar mereka.

Kini mereka merencanakan untuk membuka kursus gratis agar semakin banyak generasi muda Indonesia yang berkiprah di dunia global. Dalam kursus tersebut mereka akan mengajarkan bagaimana caranya bisa membuat produk inovatif dengan harga mudah dan diperuntukkan bagi pasar global. Luar Biasa!!! (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL