Lobster/Zookeys

Lobster/Zookeys

LiputanIslam.com – Jika ada kontes kecantikan lobster, Indonesia pastilah akan keluar sebagai juaranya. Pasalnya salah satu jenis lobster air tawar atau crayfish dari Indonesia dinyatakan sebagai spesies baru sekaligus salah satu yang paling cantik di dunia.

Christian Lukhaup dari Hinterweidenthal, Jerman, awalnya menyadari keunikan lobster asal Indonesia itu saat melihat hasil foto temannya. Kemudian ketika ia mengunjungi salah satu toko hewan peliharaan, ia melihat lobster yang pernah ia lihat di foto temannya itu. Ia menanyakan dari mana asal lobster itu namun tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan dari para pedagang, seperti dilansir dari KOMPAS.

Kemudian ia akhirnya melakukan investigasi demi mengetahui asal lobster cantik tersebut. Hingga akhirnya ia bisa bertanya kepada pemasok bahwa lobster cantik itu berasal dari Papua. Lobster yang termasuk genus Cherax itu berada di wilayah Kepala Burung Papua. Ia pun terbang ke Papua untuk bertanya langsung kepada para penduduk lokal.

Di wilayah Hoa, Teminabuan, Kepala Burung Papua, dia berhasil mengoleksi lobster targetnya. Dia membandingkan dengan sejumlah spesies Cherax lainnya, termasuk Cherax boesemani, yang secara morfologi sangat mirip dengan lobster jenis baru ini.

Terungkap bahwa berdasarkan ukuran, pola warna dan karakteristik capitnya, lobster air tawar itu merupakan jenis baru.

Berdasarkan publikasi di jurnal Zootaxa pada 4 Mei 2015, lobster air tawar itu berbeda dengan Cherax boesemani karena punya ukuran lebih kecil (sekitar 12 cm) dan warna tubuh serta capit yang dominan biru.

Lukhaup menamai lobster itu Cherax pulcher. “Pulcher” adalah bahasa latin yang berarti cantik. “Saya pikir ini salah satu lobster paling cantik,” kata Lukhaup.

Lobster merupakan salah satu spesies paling terancam di dunia. Banyak orang memperhatikan keterancaman harimau, orangutan, dan badak, tetapi tidak untuk lobster. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL