gadget

sumber: www.techandtrends.com

LiputanIslam.com–Kebiasaan dalam penggunaan gadget sangat berpengaruh pada daya tahan baterai. Semakin banyak aplikasi yang digunakan secara multi tasking maka akan semakin banyak pula daya yang digunakan. Jika dalam kondisi darurat justru gadget dibutuhkan untuk menghubungi nomor penting tentu akan sangat menganggu sekali jika baterai malah mencapat batas kritis. Untuk itu ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai agar daya tahan gadget bisa lebih maksimal tanpa mengurangi fungsinya.

  1. Pastikan pengaturan tingkat pencahayaan layar diatur pada tingkat yang rendah namun masih bisa terlihat dalam kondisi pencahayaan ruangan normal. Konsumsi terbesar baterai lebih banyak dipengaruhi oleh tingkat kecerahan layar. Semakin redup cahaya layar, maka akan semakin sedikit konsumsi baterai yang digunakan.
  2. Koneksifitas data jelas sangat dibutuhkan ketika online, tetapi saat mengemudi, bekerja atau sedang melakukan aktifitas utama, tentu konenksi data bisa diputus sejenak sehingga signal tidak terus bekerja secara optimal yang juga berakibat pada konsumsi daya baterai yang cukup besar.
  3. Menghapus aktivitas dibelakang background biasanya luput dilakukan. Padahal dengan membiarkan sebuah aplikasi terus bekerja dibelakang layar bukan hanya menggunakan daya baterai tetapi juga menggunakan memory sehingga gadget bisa saja menjadi sedikit lebih lambat ketika di operasikan. Pastikan apps tertutup dengan tidak membiasakan menekan tombol back.
  4. Memastikan semua koneksifitas mati saat digunakan sangatlah bermanfaat untuk menghemat penggunaan baterai. Terkadang GPS masih aktif padahal sedang tidak terlalu dibutuhkan. Bahkan pengaturan sync otomatis secara tidak sadar akan menggerus baterai dan juga kuota internet.
  5. Pengaturan jaringan sangat berpengaruh juga terhadap penggunaan baterai. Setting jaringan hanya ke HSDPA atau 3G ketika berada di dalam kota yang memberikan coverage sangat baik. Sedangkan ketika berada di daerah terutama daerah terpencil yang jauh dari infrastruktur internet, atur secara fixed pada jaringan 2 G/EDGE/GRPS. Jika di atur secara auto makan signal tidak akan stabil dan berimbas pada penggunaan daya baterai yang meningkat.

Tips tersebut bisa digunakan untuk memaksimalkan penggunaan gadget apapun. Kapasitas daya baterai juga sangat berpengaruh. Untuk gadget dengan daya 2000 mAh biasannya hanya bertahan paling lama 6 jam dalam kondisi online. Maka perhatikan dengan seksama agar gadget bisa dioptimalkan ketika benar-benar dibutuhkan untuk menghubungi nomor penting atau nomor darurat. Hindari penggunaan power bank terlalu sering karena arus yang didapat berbeda dengan ketika langsung di sambungkan dengan sumber listrik (fie).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL