Sumber: bogorupdate.com

Bogor, Liputanislam.com– Sebagai upaya melestarikan budaya bangsa, Pondok Pesantren Daarul Uluum Bantarkemang Bogor menggelar Festival Pencak Silat Seni Tradisi Sinar Kencana Cup I. Festival ini juga diadakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan Hari Santri Nasional 2018.

Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) I Jawa Barat, Dedi Haryadi memberikan apresiasi kepada pimpinan ponpes dan panitia yang telah menggelar event Pencak Silat. Ia mengharapkan festival tersebut melahirkan generasi muda berprestasi.

“Pencak silat ini aset budaya bangsa, kami pun merasa bangga dan diharapkan membuahkan hasil dalam upaya melestarikan budaya dan mencetak prestasi generasi muda,” ujarnya di Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu ( 10/11).

Ketua Umum Perguruan Silat Sinar Kencana, Hasbullah mengatakan Festival Pencak Silat ini digelar selama 2 hari, yakni 10-11 November 2018. “Agenda ini kami selenggarakan sebagai ajang silaturahmi untuk seluruh perguruan Silat Sinar Kencana Se-Jawa Barat I, yaitu Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Sukabumi dan Cianjur,” ujarnya.

Menurutnya, dengan diselenggarakannya festival pencak silat ini sebagai bukti bahwa pencak silat itu dari zaman dahulu mengakar di lingkungan pesantren. Pencak silat merupakan bagian dari kehidupan pesantren. “Inilah bukti bahwa memang pencak silat dari dulu sampai saat ini itu mengakar di lingkungan pesantren,” ucapnya. (ar/republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*