Sumber: kumparan.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo  (Jokowi) melantik Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Edy Nasution di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (20/2). Kepada Gubernur Riau, Presiden berpesan secara khusus agar jangan ada lagi kebakaran hutan dan lahan. Sebab, asap dari kebakaran sangat menganggu masyarakat.

“Kita ingin menjaga marwah negeri ini agar di masa yang akan datang tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan yang sangat-sangat mempengaruhi, terutama terjadinya asap yang mengganggu baik anak-anak sekolah dan juga kehidupan kita semua, dan tentunya juga berkaitan dengan penerbangan. Kita harapkan ini mudah-mudahan tidak terjadi lagi,” ucap Presiden Jokowi kepada gubernur Riau.

Menurut Syamsuar, Presiden Jokowi memiliki perhatian yang sangat besar terhadap kebakaran hutan dan lahan, karena Riau khususnya berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. “Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan, karena Riau juga sekarang sudah ada  beberapa kali musim kering,” ungkapnya.

“Kita nanti akan turun ke semua Kabupaten/Kota bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar nanti masyarakat lebih dini mengetahui cara  menghadapi kekeringan,” tambahnya.

Sementara terkait anggaran untuk pencegahan, Syamsuar mengaku akan segera mengkajinya. “Kita bisa memanfaatkan anggaran sekaligus juga bertindak cepat untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan,” tandasnya. (aw/setkab).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*