krjogja.com

krjogja.com

Grobogan, LiputanIslam.com – Winarto kini dikampungnya dikenal sebagai juragan belimbing. Pasalnya lahan seluas seperempat hektar, bisa disulap olehnya menjadi tempat agrowisata yang menarik. Winarto membuka bisnis kebun belimbingnya di kawasan Desa Tarub, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, Yogyakarta.

Kebun belimbingnya tak jauh lokasinya dengan makam ki Ageng Tarub. Pengunjung dibebaskan untuk memetik on the spot sekedar untuk mencicipinya. Namun jika ingin membawa belimbing pulang, pengunjung akan dikenai biaya Rp 10 ribu perkilogramnya, seperti dilansir dari krjogja.com.

Uniknya buah belimbing di kebun Winarto tak kenal musim sehingga berbuah sepanjang masa. Namun, pada puncaknya biasanya belimbing Winarto berbuah lebat pada saat musim hujan. Sedangkan pada saat musim kemarau, panen belimbing berkurang karena lebih banyak belimbing yang rontok.

Satu buah pohon belimbing Winarto, hebatnya bisa menghasilkan tiga jenis buah belimbing yang masa panennya berlainan. Buahnya pun terbilang cukup besar dan panjang dengan ukuran rata-rata 15-20 cm.

Dikebun Winarto terdapat 170 pohon. Setiap pohon bisa menghasilkan tiga buah jenis belimbing, yakni belimbing dewo dengan masa panen tiap 35 hari, belimbing madu dengan masa panen tiap 50 hari dan yang terakhir belimbing bangkok merah dengan masa panen setiap 60 hari ujar Winarto kepada wartawan.

Selain bisa mengunjungi kebun belimbing Winarto secara gratis, pengunjung juga bisa mendapatkan wisata edukasi dari pihak pengelola bagaimana caranya menanam pohon belimbing dengan baik dan benar. Jika dirata-rata, kebun agrowisata Winarto dikunjungi 30 orang setiap harinya.

Selain bisa menghasilkan income bagi Winarto, diakuinya bahwa keberadaan kebun belimbingnya menjadi berkah bagi warga sekitarnya. Beberapa diantaranya ada yang berjualan belimbing, ada yang membuka lahan parkir, bahkan ada yang bekerja di kebun belimbingnya. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL