Sumber: nu.or.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Grand Syekh Al-Azhar, Mesir, Ahmad Muhammad Ahmad Al-Thayyeb berkunjung ke Kantor PBNU Jakarta Pusat, pada Rabu (2/5). Kunjungan ini merupakan rangkaian agenda High Level Consultation of World Moslem Scholars on Wasatiyyah Islam di Bogor, Jawa Barat, 1-4 Mei 2018.  Di PBNU Syekh Al-Thayyeb menyampaikan beberapa hal, baik komitmen penguatan Islam moderat, hingga tanggapannya soal politisasi agama.

Berikut beberapa poin utama yang disampaikan Grand Syekh Al-Azhar Ahmad Al-Thayyeb:

  1. Ucapan terima kasih atas undangan Nahdlatul Ulama dalam rangka memperkuat silaturahim tokoh-tokoh agama.
  2. Grand Syekh memaparkan pandangan moderat Al-Azhar di dalam pemikiran agama dan konsep-konsep bernegara.
  3. Grand Syekh menegaskan bahwa adanya perbedaan-perbedaan hendaknya menjadi perekat umat Islam. Kita umat Islam, menurut Grand Syekh sudah diajarkan oleh Rasulullah bahwa perbedaan itu akan menjadi rahmat ketika direspon dan disikapi dengan bijak dan tepat.
  4. Al-Azhar akan mendorong penguatan Islam moderat yang dilakukan NU. Dan akan bersama-sama dalam memberikan penguatan dan mengampanyekan Islam moderat di dunia.
  5. Grand Syekh menyambut baik rencana kegiatan bersama NU dan Al-Azhar serta siap memberikan beasiswa kepada santri berprestasi untuk studi di Al-Azhar khususnya di jurusan umum bagi perempuan. Termasuk di dalamnya terkait rencana pelaksanaan konferensi internasional bersama.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan akan bahayanya politisasi agama. Menurutnya, politisisasi agama jika tidak dipahami dengan benar akan menimbulkan dua kerugian. Pertama kerugian agama yang menjadi jelek. Kedua, juga politik yang menjadi buruk.

Begitu juga soal gerakan radikalisasi dan takfirisasi. Menurutnya, mengkafir-kafirkan orang lain itu merupakan kebodohan terhadap memahami ruh dan substansi agama. Grand Syekh dengan tegas mengaku menolak pemahaman agama yang memonopoli kebenaran. (ar/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*