Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) terkait pelaksanaan pembinaan Pancasila di Kantor Kemendagri Jakarta, pada Senin (20/5). Dalam MoU itu Kemendagri dan BPIP sepakat akan bekerjasama dalam pelatihan dan pembinaan nilai-nilai Pancasila.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPIP, Hariyono mengatakan dengan adanya MoU ini maka akan memberikan ruang yang lebih besar untuk melibatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mengoptimalkan dan membumikan Pancasila.

“Diharapkan ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Kemendagri dan Pemerintahan Daerah yang jumlahnya sangat besar dan tersebar di seluruh Indonesia akan mengoptimalisasikan nilai-nilai Pancasila dengan cara terkini sesuai arahan Presiden RI pada tanggal 30 Maret 2019,” ucapnya.

Baca: Negara Harus Kuatkan Kembali Paham Ideologi Pancasila

Targetnya, semangat gotong-royong akan tumbuh dalam diri ASN melalui pembelajaran nilai-nilai Pancasila. Dengan begitu, tindak korupsi dan malas bekerja bisa dihindari. Hariyono juga menegaskan, jika nilai Pancasila tidak tertanam dengan baik, maka keadilan dalam melayani rakyat tidak akan tercipta dalam diri ASN.

“Dan pada akhirnya, pemberian materi Pancasila adalah untuk memfilter radikalisme,” katanya. (aw/merdeka/okezone).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*