Foto: Illustrasi/Antara

Foto: Illustrasi/Antara

Pamekasan, LiputanIslam.com – Satu lagi kreasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bisa menjadi solusi ditengah rencana pemerintah menaikkan harga bbm bersubsidi. Mereka adalah siswa SMKN 2 Pamekasan, Jawa Timur, yang tengah memamerkan hasil modifikasi mereka berupa motor dengan berbahan bakar gas (BBG).

Idham Holid, salah satu siswa sekolah tersebut mengatakan kepada Antaranews.com bahwa rancangan sepeda motor BBG sudah lama, namun baru diberitahukan kepada publik dengan salah satunya mengikuti kegiatan pameran di Pemkab Pamekasan.

Secara sekilas tidak ada perbedaan antara motor hasil kreasi anak-anak SMKN 2 Pamekasan ini dengan motor lainnya. Perbedaannya hanyalah pada bahan bakar yang digunakan. Bahan bakar diganti menjadi elpiji ukuran 3 kilogram.

Idham Holid mengakui bahwa tidak ada yang berubah dari motor yang telah diubah tersebut. Kecepatan motor masih bisa berlari seperti rata-rata motor berbahan bakar minyak biasa. Sebaliknya, dengan menggunakan BBG, konsumsi epiji ternyata mampu membuat motor bisa lebih irit dibandingkan dengan mengunakan BBM bersubsidi.

Perubahan mendasar hanya terdapat pada karburator saja. Untuk menyalurkan gas elpiji ke ruang pembakaran siswa SMKN 2 Pamekasan ini menggantinya dengan alat khusus. Dan hasilnya pun telah diuji coba bersama teman-temannya dibawah bimbingan kepala bengkel di sekolah tersebut.

Tak ayal, motor BBG tersebut banyak menarik minat pengunjung pameran yang datang ke Monumen Arek Lancor Pamekasan. Hal tersebut sebagai dampak kekhawatiran masyarakat ditengah rencana naiknya harga BBM bersubsidi. Dengan adanya motor BBG akan menjadi sebuah solusi alternatif ketika BBM bersubsidi benar-benar dinaikkan. (fie)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL