Sumber: sindonews.com

Amman, LiputanIslam.com– Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi mengatakan bahwa pemerintah Yordania memberikan apresiasi atas ketegasan Indonesia menolak pernyataan Presiden Amerika Serikat (As) Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Yordania juga mengapresiasi langkah Indonesia yang konsisten membela perjuangan bangsa Palestina.

“Menlu Yordania mengapresiasi langkah tegas dan langkah konkret diplomasi Indonesia dalam membantu perjuangan rakyat Palestina,” ujar Menlu Retno Marsudi usai bertemu dengan Menlu Yordania Ayman Safadi, di Kantor Kemenlu Yordania, Kota Amman, pada Senin (11/12).

Menlu Retno menjelaskan bahwa pertemuan dengan Menlu Yordania itu membahas persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Konferensi Islam (OKI), yang akan digelar di Istanbul, Turki, Rabu (13/12) mendatang. “Kami sepakat untuk terus berkoordinasi dalam memperjuangkan hak dan kemerdekaan Palestina,” terangnya.

Menlu Retno juga menegaskan posisi Indonesia yang menentang sikap Amerika Serikat terhadap Yerusalem. “Pernyataan AS mengenai status Yerusalem tidak akan mengubah komitmen kuat diplomasi Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina,”  tegas Menlu Retno.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (7/12) lalu telah menyampaikan kecaman atas keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Presiden Jokowi juga mengingatkan  pemerintah Amerika untuk mempertimbangkan kembali keputusan tersebut. (Ar/Setkab).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*