Komunitas 1000_Guru bersama para murid SD Cipta Gelar Sukabumi/Jawapos

Komunitas 1000_Guru bersama para murid SD Cipta Gelar Sukabumi/Jawapos

Sukabumi, LiputanIslam.com – Setelah Gerakan Indonesia Mengajar bergulir yang digagas oleh mantan rektor Universitas Paramadina yang kini menjabat sebagai Mendikbud RI, Anies Baswedan, muncullah gerakan pendidikan ke berbagai pelosok daerah di Indonesia terutama daerah-daerah 3 T (tertinggal, terluar, terdepan).

Disatu sisi, perkembangan wisata Indonesia pun semakin memuncak dengan boomingnya travel blogger yang mewartakan beberapa destinasi wisata menarik dari belahan nusantra terutama dari daerah-daerah yang belum banyak dikunjungi orang.

Dari dua kegiatan itulah ditarik sebuah benang merah yakni traveling and teaching yang dicanangkan oleh Komunitas 1000_Guru. Komunitas ini menjaring anak-anak muda untuk berkreasi sambil mengajar di lokasi objek wisata yang hendak di kunjungi. Salah satu bentuk gerakan voluntourisme yang kini sedang digagas oleh beberapa institusi dan lembaga untuk meningkatkan value yang didapat baik untuk masyarakat setempat maupun para wisatawan yang tidak sekedar jalan-jalan dan berwisata belaka.

Menurut Koordinator 1000_Guru Jemi Ngadiono, program traveling and teaching itu sebenarnya merupakan aksi “balas dendam” dirinya yang kurang beruntung saat sekolah. Dia kemudian berpikir untuk menciptakan cara belajar yang berbeda. Yakni, menyerap ilmu dari siapa pun. Dia percaya, setiap orang memiliki pengalaman atau ilmu yang bisa ditularkan kepada orang lain. Dari situlah dia kemudian mendirikan Komunitas 1000_Guru pada 22 Agustus 2002, seperti dilansir dari jawapos.com.

Konsep yang ditawarkan Komunitas 1000_Guru inilah yang kini berkembang dan mulai dilirik beberapa traveler baru yang ingin mencoba menjelajah ke beberapa daerah yang belum pernah di kunjunginya. Selain berwisata juga bisa sekaligus beramal. Konsep Voluntourisme ini merupakan sebuah gerakan yang perlu dikembangkan lagi di masa mendatang ditengah boomingnya dunia wisata baik bagi para wisataran ransel maupun wisatawak koper. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL