Illustrasi/antaranews.com

Illustrasi/antaranews.com

Jakarta, LiputanIslam.com – Perpustakaan Kemendikbud mendapatkan kado pada ulang tahun yang ke-10 di Jakarta, Selasa (25/11). Bertepatan dengan Hari Guru Nasinoal (HGN) tahun 2014, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anis Baswedan meluncurkan aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) versi Android dan portal perpustakaan.kemendikbud.go.id.

Aplikasi SLiMS versi Android tersebud dikembangkan untuk mempermudah pengunjung melihat koleksi Perpustakaan Kemendikbud, seperti dilansir oleh antaranews.com.

SLiMS diharapkan bisa diaplikasikan di seluruh perpustakaan Indonesia pada masa mendatang. Perangkat lunak tersebut ternyata bersifat open source alias bisa digunakan dan dimanfaatkan secara gratis baik oleh perpustakaan di dalam negeri maupun di luar negeri. Maka, wajar bila Menteri Anis sangat bangga dengan inovasi tersebut karena perpustakaan Kemendikbud menjadi pioneer dalam mengembangkan aplikasi yang menunjang para pembaca atau pengunjung perpustakaan.

Mendikbud mengutip apa yang dikemukakan oleh S.R. Raganathan mengenai “Five Laws of Library Science”, dimana pada point kelima disebutkan, “The library is growing organism” yang berarti perpustakaan adalah suatu organisme yang selalu berkembang.

Dengan SLiMS banyak perpustakaan yang akan terbantu dalam pengelolaan perpustakaan baik perpustakaan umum, khusus, perguruan tinggi, sekolah di dalam maupun di luar negeri.

Dimasa mendatang aplikasi SLiMS akan dikembangkan kembali bukan hanya sekedar mengakses katalog secara maya namun juga bisa melakukan perpanjangan peminjaman buku melalui jarak jauh sehingga terhindar dari denda.

Aplikasi gratis ini bisa diunduh melalui halaman perpustakaan.kemendikbud.go.id atau langsung di halaman Google Play Store.

Uniknya jika pengunjung ingin langsung datang ke perpustakaan kemendikbud, aplikasi tersebut menyediakan fitur peta yang berbasis google maps. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL