ugm.ac.id

ugm.ac.id

Yogyakarta, LiputanIslam.com – Setelah pernah dikunjungi oleh Mendikbud M.Nuh medio 2011 lalu, kini Aminin, 23 tahun, telah lulus kuliah pada pertengahan 2014 yang lalu. Aminin menjadi buah pembicaraan media karena ditengah kondisi ekonomi yang sulit, tetap berjuang untuk mewujudkan cita-citanya menjadi sarjana.

Aminin merupakan penerima beasiswa Bidik Misi Universitas Gadjah Mada pada gelombang pertama tahun 2010. Tahun lalu ia berhasil mengukuhkan dirinya sebagai sarjana dengan IPK 3.06 dalam waktu empat tahun di jurusan Biologi, seperti dilansir dari ugm.ac.id.

Meskipun IPK-nya pas-pasan, ia merasa senang karena bisa lulus kuliah tanpa harus membayar kuliahnya sendiri dengan waktu relatif singkat. Aminin diterima di UGM jurusan Biologi melalui jalur Ujian Tulis. Beruntung Aminin mendapatkan beasiswa Bidik Misi sehingga biaya kuliahnya selama empat tahun gratis.

Selain kuliah, Aminin juga aktif di UKM Resimen Mahasiswa atau lebih dikenal dengan Menwa sejak semester pertama.

Ayah Aminin, Nur Setyono merupakan pedagang buah yang sehari-harinya berjualan di sebelah timur Wisma MM UGM. Dengan tenda sederhana, ia membuka lapaknya dari pagi hingga menjelang malam. Hebatnya, Setyono pantang menjual buah impor. Ia selalu setia menjual buah-buah lokal. Menurutnya selain lebih tahan lama, juga laba yang dihasilkan lebih banyak bila dibandingkan dengan buah impor.

Setyono mengakui bahwa penghasilannya hanya cukup untuk makan sehari-hari beserta dengan empat anaknya di rumah. Meskipun demikian ia selalu berjuang agar anak-anaknya mendapatkan pendidikan hingga jenajang tertinggi. Modalnya hanya berdoa dan berusaha, tuturnya.

Setelah Aminin lulus kuliah, kini Ayahnya fokus membiayai kuliah adiknya yang masih duduk di bangku kuliah semester 6 Jurusan Fisika UNY. Meskipun tidak mendapatkan beasiswa bidik misi, Setyono tetap berjuang untuk menyekolahkan anaknya hingga lulus.

Setyono bangga kini anaknya telah menjadi sarjana. Ia optimis bahwa anaknya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya sesuai dengan harapan Aminin yang tengah mengurus pendaftaran sambil mengurus beasiswa S2. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*