Doodle ki Hajar

Jakarta, Liputanislam.com – Tanggal 2 Mei 2015 ini tetap menjadi hari spesial bagi bangsa Indonesia. Pasalnya setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Berbicara masalah Pendidikan Nasional, kerap kali tidak bisa dilupakan dari jasa salah satu seorang pahlawan nasional Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara merupakan pendiri Perguruan Taman Siswa yang menitikberatkan pendidikan pada budi pekerti.

Kini bukan hanya rakyat Indonesia yang memperingatinya. Melainkan Google pun menampilkan Sosok Ki Hajar Dewantara dalam Doodle-nya. Clipart bergambar Ki Hajar Dewantara khas dengan peci hitam dan kacamatanya dengan sambil memegang buku, melengkapi kata Google menggantikan huruf O.

Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Sampai saat ini, tanggal kelahiran Ki Hajar Dewantara ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ki Hajar Dewantara meninggal dunia pada tanggal 26 April 1959 dalam usia 69 tahun. Jasa Ki Hajar Dewantara untuk membangun pendidikan di Indonesia sangatlah besar. Berkat Ki Hajar Dewantara, rakyat jelata yang merupakan pribumi pada masa itu dapat mengenyam pendidikan seperti halnya para priayi.

Semboyan Ki Hajar Dewantara yang selalu didengung-dengungkan dalam bahasa Jawa adalah ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani (Didepan memberi contoh, ditengah memberi semangat, dibelakang memberi dorongan).

Kini gagasan pendidikan budi pekerti tersebut kembali dihidupkan kembali ditengah-tengah degradasi moral remaja yang notabene adalah para pelajar Indonesia. Salah satunya mengembalikan kewenangan sekolah untuk meluluskan siswa berdasarkan rekam jejak budi pekertinya selama menerima pendidikan di Sekolah. Kini kelulusan tidak lagi berdasarkan nilai Ujian Nasional. Semua sepenuhnya menjadi hak sekolah dalam meluluskan anak didinya.

Selamat Hari Pendidikan Nasional. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL