Yaqut okeSleman, LiputanIslam.com — Forum sidang pemilihan dan penetapan Ketua Umum GP Anshor berikut formaturnya sepakat menunjuk KH. Yaqut Cholil Choumas sebagai Ketua Umum GP Anshor periode 2015-2020. Sidang yang dipimpin Ketum demisioner GP Ansor H Nusron Wahid dengan sekretaris sidang H M Aqil Irham ditutup tepat jam sebelas lewat sebelas untuk kemudian dilanjutkan pukul 15.00 dengan pengumuman formatur dan kepengurusan baru PP GP Anshor.

“Sekarang ini tepat jam 11.11 kita tutup sidang. Pas untuk persiapan sembahyang Jum’at. Nanti kita kumpul lagi di sini jam 3 sore,” kata Nusron di hadapan peserta Kongres XV GP Anshor di pesantren Sunan Pandanaran jalan Kaliurang kabupaten Sleman, Jumat (27/11/2015), seperti dilansir Nu Online.

Yaqut didukung oleh 421 dari 433 cabang GP Anshor di seluruh Indonesia. Sementara Nusron yang memimpin sidang menyebut nama-nama tim formatur yang diusulkan dari masing-masing PW GP Anshor.

Peserta kongres mengawali sidang pemilihan ini dengan lantunan Mars GP Anshor dan Mars Banser yang dipimpin oleh Instruktur Satkornas Banser H Alfa Isnaeni. Kongres berjalan tertib dan kondusif.

Sesuai pasal 23 PD dan PRT GP Anshor, calon Ketum dimungkinkan dari kader yang sebelumnya tidak aktif di organisasi pemuda NU ini. Tetapi calon setidaknya pernah menjadi pengurus Banom NU atau lembaga NU minimal 4 tahun. Usia calon Ketum GP Anshor juga dibatasi menjadi 40 tahun.

Kemudian syarat calon ketum diperketat. Calon hanya boleh bagi kader yang pernah menjadi pengurus PP GP Anshor atau PW GP Anshor. Perubahan syarat dan ketentuan ini dibahas dalam sidang komisi organisasi sebagai konsekuensi atas putusan GP Anshor yang selama ini menjalankan sistem kaderisasi tertutup dan terpimpin.

***
H. Yaqut Cholil Qoumas merupakan anggota DPR RI (No anggota A-59) dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah X yang meliputi Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.

Tempat Lahir / Tgl Lahir : Rembang / 04 Januari 1975
Agama : Islam

Riwayat Pendidikan:

SDN KUTOHARJO. Tahun: 1981 – 1987
SMPN II REMBANG. Tahun: 1987 – 1990
SMAN II REMBANG. Tahun: 1990 – 1993

Riwayat Pekerjaan:

RADIO MATA AIR FM REMBANG, Sebagai: KOMISARIS. Tahun: 2012
PEMERINTAH DAERAH KAB REMBANG, Sebagai: WAKIL BUPATI. Tahun: 2005 – 2010
DPRD KAB. REMBANG, Sebagai: ANGGOTA. Tahun: 2004 – 2005

Riwayat Organisasi:

PIMPINAN PUSAT GP ANSHOR, Sebagai: KETUA. Tahun: 2011 – 2016
DPC PKB REMBANG, Sebagai: KETUA. Tahun: 2001 – 2015
PMII DEPOK, Sebagai: KETUA UMUM. Tahun: 1997 – 1999

KH. Yaqut Cholil Qoumas yang akrab disapa Gus Tutut ini mengajak warga NU bersiap “cancut taliwanda” sebagai upaya membentengi keutuhan NKRI dari semua ancaman bahaya.

“Kami warga NU bahkan tidak sekadar meminta atau menyarankan, tetapi akan berdiri di balik petugas, terutama Densus 88 melawan mereka. Kapan saja aparat meminta kami untuk terjun menumpas teroris dan ormas garis keras, kami siap,” katanya.

“Demi keutuhan NKRI, warga NU siap berjihad mempertaruhkan jiwa dan raga. Ini sudah menjadi tekad dan harga mati,” tambahnya.

Untuk mendapatkan update terbaru dari Gus Tutut, bisa mengunjungi situs resminya, yaqut-cholil.com. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL