Sumber: kompas.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ma’ruf Amin mengingatkan akan pentingnya upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menjaga persaudaraan adalah salah satu caranya. Hal itu disampaikan Kiai Ma’ruf pada acara tasyakur ulang tahunnya yang ke-75 dan peluncuran buku biografinya yang berjudul Penggerak Umat Pengayom Bangsa di Gedung Muamalat Tower, Jakarta, pada Senin (12/3).

Menurut Kiai Ma’ruf, salah satu upaya penting yang harus dilakukan secara terus menerus untuk menjaga NKRI adalah bagaimana menguatkan silaturahim yang meliputi tiga ukhuwah, yakni islamiyah (Persaudaraan sesama Muslim), wathoniyah (sesama bangsa), dan juga insaniyah (Persaudaraan sesama manusia). Ketiga sinergi ukhuwah tersebut adalah pondasi bagi tegak berlangsungnya NKRI di masa yang akan datang.

Selain menjaga ketiga ukhuwah tersebut, lanjut dia, yang harus diperhatikan juga adalah adanya upaya untuk mendorong perekonomian umat. Menurutnya, program ekonomi umat harus terus digalakkan. Umat harus berdaya secara ekonomi.

“Umat harus berdaya secara ekonomi. Melalui pelbagai macam terobosan kreatif dan inovatif, kita harus terus berupaya agar supaya umat berdaya secara ekonomi. Ini adalah tugas kita bersama,” ucap Kiai Ma’ruf.

Pada acara itu tampak hadir beberapa menteri, diantaranya Menteri Sosial Idrus Marham, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal Eko Putro Sandjojo, mantan Mendikbud M Nuh, Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*