Sumber: nu.or.id

Bandar Lampung, LiputanIslam.com– Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Ishomuddin (Gus Ishom) mengingatkan para pengurus masjid untuk berhati-hati dalam memilih khatib shalat Jumat ataupun khatib shalat Idul Fitri serta Idul Adha di era saat ini. Para pengurus atau takmir hendaknya memilih khatib yang memiliki akhlak santun, moderat, dan yang menebarkan kedamaian.

“Hendaklah dipilih khatib-khatib yang akhlaknya santun, moderat di dalam beragama Islam. Tidak berlebih-lebihan di dalam beragama karena ucapan khatib akan didengarkan dan perilakunya diikuti oleh umat,” katanya di Bandar Lampung, Lampung, pada Sabtu (26/5).

Gus Ishom mengingatkan bahwa saat ini sudah mulai bermunculan para khatib yang memanfaatkan mimbar Jumat untuk kepentingan dunia seperti politik yang didalamnya menebarkan kebencian dan memupuk benih-benih perpecahan. Namun jika menemui khatib seperti itu, jamaah tidak perlu meninggalkan lokasi masjid di mana ia sedang beribadah shalat karena mendengarkan khutbah merupakan rukun dari shalat Jumat.

“Khatib itu tidak diperkenankan atau haram hukumnya menyebarkan kebencian di hadapan jama’ah Jumatnya. Tidak diperkenankan bahkan menggunakan masjid untuk berkampanye menyerang orang-orang yang tidak disukainya meskipun dengan alasan-alasan agama. Karena masjid adalah tempat berkumpulnya beragam orang. Tujuan berkumpul adalah untuk mempersatukan mereka,” tegasnya.

“Jama’ah masjid dalam shalat Jumat tidak perlu meninggalkan khatib dalam pengertian keluar dari masjid meninggalkan rukun ibadah Jumatnya. Ibadah Jumatnya tetap sah namun khatib tersebut berdosa karena menganjurkan perbuatan dosa dan menganjurkan sikap untuk saling bermusuhan,” terangnya.

Jika terjadi seperti itu, Gus Ishom menganjurkan jama’ah untuk menggunakan akal pikiran dan mengasah kecerdasan guna memilih mana yang bisa diikuti sekaligus memilah mana yang harus ditinggalkan meskipun itu dikatakan oleh seorang ustadz atau seorang khatib Jumat. (ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*