Sumber: harianjogja.com

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah (PPNA) Diyah Puspitarini menyampaikan bahwa peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April menjadi salah satu momentum yang menandai bangkitnya para perempuan di Indonesia. Menurutnya, mengingat peran dan inspirasi yang diberikan Kartini sebagai salah satu pelopor untuk sebuah kemajuan perempuan di Indonesia, menandakan bahwa makna Hari Kartini bukan hanya menjadi upacara perayaan semata.

Diyah Puspitarini mengungkapkan, bahwa emansipasi yang telah diperjuangkan Kartini di masa lalu, seyogyanya dimaknai para perempuan hari ini sebagai momentum untuk bergerak membangun bangsa. “Emansipasi perempuan saat ini bukan lagi membicarakan kesempatan. Tapi para perempuan sudah saatnya bergerak untuk membangun bangsa,” ujarnya di Yogyakarta, seperti dilansir suaramuhammadiyah.id, pada Jum’at (21/4).

Menurut Diyah, sudah saatnya perempuan tidak lagi hanya berbicara tentang hak dan kesempatan, tapi lebih pada apa yang bisa dilakukan perempuan untuk bangsa dan negara ini. “Emansipasi hari ini bukan lagi tuntutan hak. Tapi sudah maju menjadi; apa yang bisa aku (perempuan) lakukan?” ungkapnya.

Oleh karena itulah, ia berpesan kepada para perempuan dan laki-laki agar tidak lagi memperbincangkan emansipasi atas dasar kesempatan melainkan sejauh mana perempuan dan laki-laki dapat saling mendukung satu sama lain sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Juga menurutnya, yang tidak kalah penting adalah bagaimana para perempuan menjaga keseimbangan hak dan kodratnya sebagai perempuan.

“Perempuan berada di posisi penting bangsa ini sudah biasa. Namun, yang terpenting adalah siapkan para perempuan ini seimbang dalam menjalankan hak dan kodratnya. Ini perlu persiapan dan berelasi dengan pasangan masing-masing,” ujar Diyah. (Ar/Suara Muhammadiyah).

 

 

                                                                                                    

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL