Sumber: rmoljateng.com

Pekalongan, Liputanislam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) mengingatkan kembali betapa pentingnya komitmen menjaga tegak berdirinya Indonesia.  Ia menegaskan bahwa Indonesia adalah rumah kita bersama yang didirikan oleh semua komponen bangsa yang berbeda agama, suku, etnis, budaya, dan golongan.

Hal itu disampaikan Gus Yaqut pada Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) Ansor dan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) di Bumi Perkemahan Linggo Asri, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, seperti dilansir NU Online, pada Senin (3/12).

“Kita sebagai kader Ansor dan Banser harus memiliki komitmen tinggi untuk menjaga Indonesia dari setiap upaya yang ingin mengubah Indonesia menjadi bentuk lain,” tegasnya.

Menurutnya, para sesepuh dan pendiri NU seperti KH Hasyim Asy’ari, Kiai Wahab Chasbullah, KH Bisri Sansuri telah menyepakati Indonesia milik semua umat dan Pancasila sebagai ideologi negara. “Jadi, kurang apa lagi? Sebab itulah, kita menolak khilafah Islamiyah karena negara ini sudah sangat Islami dan mengayomi semua umat,” terangnya.

Gus Yaqut juga mengingatkan bahwa ancaman paling nyata dan dekat saat ini adalah kelompok radikal atau kelompok yang menggunakan agama sebagai alat politik kekuasaan. Mereka ingin mengubah bentuk negara dan mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

“Mereka itu hanya punya dua agenda. Pertama, menyalahkan amaliah di luar kelompok mereka, menganggap bid’ah, kafir sehingga layak dianggap musuh. Kedua, agenda mereka jelas merebut kekuasaan dan akan menjadikan negeri ini khilafah Islamiyah,” tandasnya. (ar/NU Online).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*