Sumber: detik.com

Majalengka, LiputanIslam.com– Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Zulkifli Hasan menyerukan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan persatuan bangsa. Ia mengajak untuk menyimpan perbedaan dan mendahulukan persamaan. Pernyataan itu disampaikan Zulkifli saat menggelar silaturahmi kebangsaan bersama warga dan santri Ponpes Darul Arqam, Majalengka, Senin (24/4).

Zulkifli Hasan mengajak semua pihak untuk saling menghormati antara satu dengan yang lain. Ia mengungkapkan, kalau ada beda jangan disamakan, tapi kalau sama jangan dibeda bedakan. “Yang jenggotan silakan, yang tidak silahkan. Saling menghormati sikap masing masing,” ucapnya.

Ketua MPR itu juga menyerukan untuk menguasai pengetahuan dan teknologi. Menurutnya, dua hal itu sangat penting demi mewujudkan kemandirian ekonomi bangsa. “Bersatu kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah itu mandiri secara ekonomi. Seorang Muslim itu harus kaya agar bisa berbagi,” ujar Zulkifli.

Sementara sehari sebelumnya, saat menghadiri penutupan acara Pekan HUT TMII Ke-42 di Jakarta Timur, pada Minggu (23/4), Zulkifli juga menyampaikan pesan yang sama, yakni menjaga persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa. Menurutnya, TMII merupakan simbol kebhinnekaan Indonesia.

Ia mengungkapkan, keberadaan TMII memberikan bukti bahwa Indonesia memiliki beragam budaya dan warna yang mampu berjalan dengan harmonis. “Datanglah ke Taman Mini dan saksikan Indonesia yang sesungguhnya, Indonesia yang beragam, penuh warna,” tuturny.

Pada kesempatan itu, Zulkifli juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga Bhinneka Tunggal Ika. Keberagaman kita sebagai bangsa harus terus diperjuangkan. “Keberadaan Taman Mini adalah pengingat pada kita bahwa Bhinneka Tunggal Ika harus dijaga sekaligus diperjuangkan,” ungkapnya. (Ar/Detik/Republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL