Sumber: poskotanews.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat  (MPR RI), Zulkifli Hasan mengharapkan peran besar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dalam membangun dan menjaga persatuan bangsa. Menurutnya, paling tidak ada tiga agenda besar yang dapat dilakukan ICMI, yakni mengejar ketertinggalan bangsa dalam berbagai bidang, menyejahterakan ekonomi rakyat, dan menjahit kembali Merah Putih.

“Saat ini (Lambang Negara) Merah Putih, yang terlahir sejak awal sejarah kemerdekaan bangsa, telah terkoyak oleh berbagai kesalahpahaman dan paham yang merusak,” ujar Zulkifli Hasan saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dalam simposium ICMI di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, pada Minggu (24/9).

Zulkifli Hasan mengungkapkan, bahwa saat ini ada pihak tertentu yang ingin memisahkan keyakinan keagamaan dengan paham kebangsaan. Oleh karena itu, ia mengharapkan ICMI dan umat Islam dapat berperan mengembalikan marwah Islam yang Rahmatan Lil Alamin dalam negara Indonesia yang Baldatun Toyyiban wa Robbur Gofur.

“Paham itu jelas salah karena keyakinan agama dan paham kebangsaan saling menopang dimana ketaatan setiap pemeluk agama menjadi cara menjadi warga yang baik. Dalam Islam, bahkan, mencintai tanah air adalah bagian dari iman,” terangnya.

Menurut Zulkifli, Kesalahpahaman itu sangat berbahaya saat memasuki kontestasi politik, yang mengotak-kotakkan dan memecah belah rakyat. Oleh karenya, ia mengajak seluruh umat Islam Indonesia untuk membuktikan bahwa ajaran agama itu sejalan dengan paham kebangsaan.

“Kita harus bisa membuktikan, Islam yang mayoritas itu sejalan dengan demokrasi. Islam yang mayoritas itu juga harus hatam tentang toleransi, menjadi model dan menjadi contoh‎,” ucapnya. (Ar/Tribun News/Poskota News).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL