Jimly-Sunnisiah

Klik foto untuk memperbesar. Sumber: Facebook

Jakarta, LiputanIslam.com — Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshidiqie mengajak ummat untuk menghentikan perdebatan Sunni-Syiah. Menurutnya, baik Sunni maupun Syiah sama-sama adalah mazhab yang sah dalam Islam.

“Jangan mau diadu-domba,” kicaunya, melalui akun Twitternya @JimlyAS, (16/12/2015).

Tak pelak, kicauannya ini ditanggapi cukup beragam oleh netizen. Ada yang setuju, namun ada juga yang mengecamnya.

“Tapi Ustadz, sesat adalah sesat, dan akan merusak Islam pada akhirnya,” cuit akun @azzamburhani22.

Jimly menjawab, “Yang sesat sebenarnya adalah yang memberikan cap sesat kepada orang lain. Jika menjelang ajal yang dicap sesat ternyata khusnul khotimah, maka tukang cap-lah yang ke neraka,” balas Jimly.

“Ya setuju. Kepicikan pangkal intoleransi. Jangan lihat yang ekstrem. Mainstream kedua aliran (Sunni-Syiah) sama-sama Islam,” kicau @abdillahtoha1.

“Subhanallah, Pak. Kasus Sunni-Syiah politis. Didalangi Wahabi Saudi. Syahadat dan nabinya sama kok disesatkan. Jangan mau dibohongi Wahabi,” kicau @titonortiton1.

Mazhab-Mazhab yang Diakui Islam dalam Risalah Amman

para peserta Risalah Amman

Risalah Amman adalah adalah sebuah deklarasi yang diterbitkan pada 9 November 2004 (27 Ramadan 1425 H) oleh Raja Abdullah II bin Al-Hussein dari Yordania yang menyerukan toleransi dan persatuan dalam umat Islam. Risalah ini ditandatangani juga oleh wakil-wakil resmi dari Indonesia, KH. Hasyim Muzadi (PBNU), Prof. Dr. Dien Syamsuddin (Muhammadiyah) dan Maftuh Basyuni (wakil pemerintah). Saat itu, ada sekitar 200 ulama berbagai mazhab dari lebih 50 negara yang tanda tangan dan hingga kini proses penandatanganan masih berlanjut. Saat ini sudah lebih dari 500 ulama dunia yang tanda tangan. (Baca: KH Al Bantani: Persatuan Sunni dan Syiah dalam Deklarasi Amman)

Dalam Risalah Amman, ada fatwa dengan 3 pasal yang mengangkat masalah: kriteria Muslim; takfir (pengafiran) dalam Islam, dan dasar-dasar yang berkaitan dengan pengeluaran fatwa. Risalah Amman juga berisi pengakuan atas 8 (delapan) mazhab dan ajaran Islam yaitu: Sunni Hanafi, Sunni Hambali, Sunni Maliki, Sunni Syafi’i, Syiah Ja`fari, Syiah Zaydi, Ibadiyah, Zahiri. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL