Mesin uap pembuat tahu/AsepRizal(Kompasiana)

Mesin uap pembuat tahu/AsepRizal(Kompasiana)

Tasikmalaya, LiputanIslam.com – Prestasi siswa SMK dalam menciptakan kreasi-kreasi inovatif terus menerus berkibar. Kali ini giliran anak didik SMK Al-Badar Igasar Pindad Cabang Tasikmalaya, yang membuat masyarakat berdecak kagum karena prestasi mereka menciptakan mesin uap pembuat tahu.

Mesin uap pembuat tahu ini diprakarsai atas kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi negeri dengan memanfaatkan hasil observasi berbasis teknologi, seperti diberitakan bloger Asep Rizal melalui halaman blognya di Kompasiana.com.

Terciptanya mesin uap pembuat tahu ini selain untuk membantu pekerjaan para pekerja tahu agar lebih ringan juga untuk mendukung upaya agar proses pembuatan tahu lebih higienis dan sehat.

Dalam proses pembuatannya, para siswa SMK ini dibantu oleh beberapa guru pembimbing dan juga beberapa dosen dari Institut Teknologi Bandung.

Tahu yang merupakan makanan dari kacang kedelai hampir selalu lekat dengan lauk pauk rakyat Indonesia. Dengan adanya inovasi mesin uap pembuat tahu ini diharapkan produksi tahu sehat lebih meningkat lagi dimasa-masa mendatang.

Proses pembuatan tahu memang terkadang luput dari menjaga kebersihan dan higienitasnya. Terobosan dengan mesin uap pembuat tahu ini seolah menjawab fenomena yang ada, di beberapa pabrik yang masih menggunakan metode konvensional.

Namun sayangnya, ditengah tahu yang masih digemari karena enak dan murah, bahan baku kacang kedelai masih relatif mahal dan sulit didapatkan. Beberapa pabrik tahu lebih banyak menggunakan kacang kedelai impor dibandingkan kacang kedelai lokal. Fenomena ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah agar upaya-upaya yang dilakukan anak-anak muda bisa sejalan dengan inovasi-inovasi yang diciptakan. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL