mobil-listrik-mirip-toyota-alphard_663_382

viva

Surabaya, LiputanIslam.com – Kehebatan Institut Sepuluh Nopember (ITS) dalam mengembangkan mobil listrik patut diacungi jempol. Tahun lalu pada bulan Nopember ITS pernah meluncurkan bus bertenaga listrik. Kali ini ITS mendapatkan mobil keluarga dengan kelas premium yang secara sekilas mirp sekali dengan Toyota Alphard.

Jika dibandingkan secara fisik, terlihat jelas perbedaan antara mobil listrik bantuan Pertamina ini dengan bus listrik asli ITS. Mobil listrik buatan PT Sarimas Ahmad Pratama ini berwarna putih, mewah. Mobil ini dibangun dengan biaya Rp2 miliiar, seperti dilansir dari viva.co.id (17/1).

Mobil mewah ini mampu menempuh jarak 60 km setelah baterai diisi penuh namun tanpa mengaktifkan pendingin udara. Kelemahanannya jika AC dinyalakan maka konsumsi listrik akan semakin bertambah yang mengakibatkan berpengaruh pada jarak tempuh yang hanya bisa mencapai 48 km. Pengisian baterai dari posisi 30 persen ke 100 persen membutuhkan waktu sekitar empat hingga lima jam.

Dari ongkos produksi, Apphard listrik ini lebih mahal jika dibandingkan dengan bus listrik yang memerlukan dana sekitar RP 1.5 miliar dan dibuat sendiri oleh tim mobil listrik dari ITS. Keunggulan bus listrik terletak pada panel surya yang mampu memberikan energi tambahan sehingga bisa menempuh jarak hingga 160 km. Namun tetap masih harus di isi penuh dayanya dengan waktu yang cukup lama antara 9 jam hingga 10 jam.

“Ngomongin kecangihan, kami masih belum mengetahui karena kami belum membongkar dan mempelajari mobilnya,” kata Dr Nur Yuniarto, Ketua Tim Riset Mobil Listrik ITS.

Saat ini ITS tengah menyiapkan juga mobil listrik terbaru yang telah diberi nama Braja Wahana yang memiliki konten lokal lebih dominan. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*