hebat-indonesia-dapat-pesanan-kapal-dari-belanda-4xv

sindonews.com

Pontianak, LiputanIslam.com – Salah satu perusahaan galangan kapal Nasional Indonesia pantas berbangga. Pasalnya Belanda memesan sebuah kapal keruk berteknologi tinggi yang di buat oleh PT Steadyfast Marine yang berbasis di Pontianak, Kalimantan Barat. Mereka bahkan siap melakukan serah terima kapal pengeruk atau kapal trailing suction hopper dredger TSHD-2500 sebesar 16,7 juta euro atau senilai Rp288 miliar kepada Damen Shipyard.

Direktur Utama PT Steadfast Marine, Eddy Kurniawan Logam mengatakan, kerja sama dengan perusahaan Belanda Damen Shipyard telah dilakukan sejak 2008 melalui pemesanan pembuatan berbagai jenis kapal, seperti dilansir dari sindonews.com (13/4/2015).

Menurut Eddy, pihaknya telah mampu memenuhi klasifikasi sebagaimana yang diinginkan pemesan, sehingga diharapkan mampu mampu mendorong industri galangan kapal nasional lainnya. Kapal tersebut merupakan kapal ke enam yang telah dirampungkan.

Sementara, perwakilan dari Damen Shipyard Indonesia, Willy Basoeki mengatakan, kualitas kapal yang dibuat kali ini, jauh lebih baik dari yang ditentukan pembeli dan Badan Klasifikasi Kapal.

“Ini bisa menjadi produk kebanggaan di Indonesia. Sebab, tak banyak galangan mampu membuat kapal pengeruk karena teknologinya sudah maju,” katanya.

Kapal keruk berdaya 3.000 Bkw tersebut, memiliki panjang 80,3 meter dan lebar 16,2 meter dengan kapasitas 2.800 ton. Kapal tersebut dibuat dengan dukungan 300 karyawan dan diselesaikan dalam masa waktu 18 bulan.

Direktur Industri Maritim, Kedirgantaraan dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Hasbi Assidiq Syamsuddin mengatakan, tahun ini pemerintah melalui Kementerian Perhubungan masih akan memesan kapal sebanyak 70 kapal terdiri dari berbagai jenis. Kapal-kapal tersebut merupakan bagian dari rencana pemerintah menyukseskan program poros maritim dalam lima tahun mendatang.

“Dibutuhkan 500 kapal dalam lima tahun mendatang untuk menyukseskan program poros maritim yang digagas pemerintah. Diharapkan kebutuhan kapal oleh pemerintah mampu dipasok oleh industri galangan kapal di dalam negeri dimana secara bertahap tahun ini pemerintah akan membuka tender untuk pemesanan 70 kapal,” ungkapnya. (sindonews/fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL