Sumber: nu.or.id

Denpasar, LiputanIslam.com– Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ma’ruf Amin menitipkan Nahdlatul Ulama (NU) kepada Raja Bali Cokorda Pemecutan XI, AA Ngurah Manik Parasara. Kiai Ma’ruf menitipkan pesan bahwa kalau NU salah tolong diingatkan dan kalau NU butuh bantuan tolong dibantu.

“Saya nitip NU di sini,” ucap Kiai Ma’ruf Amin pada acara Halaqah Kebangsaan dan Kemandirian Ekonomi Umat, yang diadakan di Aula Gedung PWNU Bali, Denpasar, Bali, seperti dilansir NU Online, pada Minggu (1/4).

“Tanpa diminta Kiai, NU seperti saudara sendiri,” langsung dijawab spontan oleh Raja Pemecutan XI.

Kemudian Raja Pemecutan menaiki panggung podium untuk bersalaman dan disambut riuh tepuk tangan hadirin. “Iya Kiai, sesibuk apapun kalau NU yang mengadakan acara saya sempatkan hadir,” ungkapnya.

“Apalagi dengan NU, gak usah ditanyakan lagi sudah saya anggap saudara sendiri dan akan kami jaga,” ucapnya.

Sosok Raja Pemecutan XI ini dikenal begitu dekat dengan kalangan muslim di bali. Sering kali ia tampil pada acara-acara umat Islam. Bahkan ia pernah melindungi kampung Muslim tatkala terjadi sengketa lahan di Pulau Serangan Denpasar. Bagi Raja Bali, sikapnya yang demikian ini karena alasan historis hubungan Hindu Islam di Bali sudah terjalin begitu lama, sehingga hubungan yang sudah harmonis ini harus tetap dipertahankan. (ar/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL